NurÔÇÖAini, Mila (2018) Pengaruh model discovery learning berbantuan mind map terhadap penguasaan konsep Fisika kelas X MIA pada materi Momentum Impuls dan Tumbukan / Mila NurÔÇÖAini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Nur Aini Mila.2018. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Mind Map Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Kelas X MIA Pada Materi Momentum Impuls dan Tumbukan. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci model discovery learning mind map penguasaan kkonsep fisika Aspek terpenting dalam fisika yang harus dikuasai siswa adalah penguasaan konsep. Penguasaan konsep diperoleh dari proses belajar sedangkan belajar merupakan proses kognitif yang melibatkan tiga proses yang hampir bersamaan yaitu memperoleh informasi yang baru transformasi informasi dan menguji relevansi ketetapan pengetahuan. Salah satu pembelajaran yang mempertimbangkan siswa akan lebih mudah menguasai konsep-konsep fisika adalah pembelajaran penemuan (discovery learning). Discovery learning adalah suatu model untuk mengembangkan cara belajar aktif dengan menemukan sendiri menyelidiki sendiri maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan. Berdasarkan hasil observasi siswa di sekolah masih mencatat menggunakan format outline. Hal ini dapat mempersulit dalam menemukan poin-poin penting. Sehingga penguasaan konsep yang dimiliki siswa masih rendah. Terdapat teknik mencatat yang lebih baik untuk mengingat adalah mind map. Mind map adalah cara mencatat kreatif efektif dan secara harfiah dapat memetakan pikiran-pikiran menggunakan garis symbol kata gambar warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan mind mapterhadap penguasaan konsep fisika. Penelitian ini menggunakan rancangan quasy experiment posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol.Instrumen perlakuan dalam penelitian ini berupa Silabus kelas X RPP dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penguasaan konsep fisika diukur menggunakan instrumen tes berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 soal pada materi momentum impuls dan tumbukan. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas reliabilitas daya pembeda dan taraf kesukaran. Hasil test diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Lielifors dan uji homogenitas F. Selanjutnya digunakan uji hipotesis menggunakan uji t satu ekor dengan signifikansi 5%. Hasil uji t penguasaan konsep fisika didapat thitung 3 01105 1 66827 (t68 0 05) menunjukkan bahwa penguasaan konsep fisika kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model discovery learning berbantuan mind map lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada guru untuk guru Fisika SMA kelas X dapat menggunakan model Discovery Learning berbantuan mind map khususnya pada materi momentum impuls dan tumbukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18873 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |