Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Science, technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada materi alat optik untuk meningkatkan kreativitas peserta didik / Kana Firdausi

Firdausi, Kana (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Science, technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada materi alat optik untuk meningkatkan kreativitas peserta didik / Kana Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdausi, Kana. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Dididk (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan kreativitas Peserta Didik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sujito, S.Pd., M.Si. (II) Drs. Agus Suyudi, M.Pd Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), (Science, Technology, Engineering and Mathematics) STEM, (analysis, design, development, implementation & evaluation) ADDIE, Lesson Study (LS) Perubahan kurikulum yang kurang dipahami oleh para pelaku pendidikan menjadi salah satu faktor penghambat kemajuan pendidikan di Indonesia. Hingga kini di Indonesia pembelajaran sains diajarkan lebih menitik beratkan pada bagaimana membantu peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan kognitif. Kurikulum 2013 yang diterapkan di Indonesia mengubah pola pembelajaran yang dulu berpusat pada pendidik menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pendidik hanya berperan sebagai pembimbing, motivator dan fasilitator. Standar proses pendidikan dasar dan menengah telah mengisyaratkan tentang perlunya proses pembelajaran yang dipadu dengan kaidah-kaidah pendekatan saintifik/ilmiah. Salah satu pendekatan saintifik (science approach) yaitu pendekatan terpadu Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Penerapan terpadu STEM secara tidak langsung menuntut pendidik dan peserta didik untuk berfikir kreatif. Selain menggunakan pendekatan integratif, pendidik dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan bahan ajar yang salah satunya adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Sehingga tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran berbasis STEM untuk peserta didik kelas XI MIPA. Metode yang digunakan pada pengembangan perangkat pembelajaran STEM ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation & evaluation) yang dimodifikasi. Modifikasi terletak pada tahap implementation dan evaluation yang dilakukan dalam tiga siklus. Tahap implementation dilakukan dengan LS dan tahap evaluation dilakukan dengan refleksi hasil LS. Sedangkan, siklus dilakukan tiga kali untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang baik dan benar. Hasil penelitian terbagi menjadi 3 yaitu hasil LS siklus pertama, kedua dan ketiga. Hasil LS siklus pertama yaitu terdapat perbaikan pada langkah-langkah pembelajaran bagian kegiatan awal dan inti. Perbaikan kegiatan awal yaitu memfokuskan peserta didik dan perbaikan kegiatan inti yaitu mengenalkan serta menjelaskan alat-alat yang digunakan dalam percobaan. Perbaikan LKPD terletak pada perlu ditambahkan gambar set percobaan. Hasil LS siklus kedua yaitu memberikan penjelasan langkah kerja yang lebih detail. Gambar set percobaan pada LKPD harus diperjelas. Hasil LS siklus ketiga yaitu memperhatikan dan mengetahui peserta didik yang memerlukan bimbingan lebih dibandingkan peserta didik lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18871

Actions (login required)

View Item View Item