Pengembangan e-book fisika berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) pada materi hukum termodinamika untuk kelas XI SMA / Habibah Khusna Baihaqi

Baihaqi, Habibah Khusna (2018) Pengembangan e-book fisika berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) pada materi hukum termodinamika untuk kelas XI SMA / Habibah Khusna Baihaqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Baihaqi, Habibah Khusna. 2018. Pengembangan E-book Fisika Berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) pada Materi Hukum-hukum Termodinamika untuk Kelas XI SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Purwaningsih, M.Si., (II) Sulur, S.Pd, M.Si, M.T.D. Kata Kunci : ebook, termodinamika, TPACK Hukum Termodinamika merupakan bagian dari ruang lingkup materi Fisika SMA kelas XI. Materi Termodinamika ini merupakan salah satu topik fisika yang dirasa sulit bagi siswa. Salah satu faktor penyebabnya yaitu proses pembelajaran yang terkendala sarana praktikum, padahal multimedia dapat menjadi sarana untuk meningkatkan penguasaan konsep termodinamika siswa. Materi kalor dan termodinamika memerlukan aktivitas di laboratorium, jika tidak tersedia maka dapat digunakan virtual laboratory dengan memanfaatkan simulasi fisika. Simulasi fisika dapat berupa PhET yang interaktif yang telah dikembangkan praktisi peneliti. Penggunaan PhET adalah pengintegrasian teknologi yang sesuai dengan karakter pembelajaran Abad 21. Integrasi teknologi dan tuntutan HOTS ialah memadukan antara pedagogi, konten, dan teknologi yang disebut sebagai kerangka kerja TPACK. Hasil kerangka kerja TPACK dapat berupa ebook. E-book yang interaktif dapat berguna sebagai alat penunjang proses pendidikan untuk membantu siswa belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan kepraktisan E-book Termodinamika berbasis TPACK. Rancangan penelitian yaitu 4D yang hanya dilaksanakan sampai tahap develop. Desain uji coba yaitu expert appraisal dengan ahli, dan developmental testing dengan subjek uji coba siswa kelas XI. Jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yaitu angket validasi e-book, bahan ajar, RPP, CoRe, angket keterbacaan ebook, dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Tahap define menghasilkan tugas untuk memenuhi 4C. Tahap design menghasilkan 2 produk yaitu buku guru dan buku siswa dengan penggunaan PhET. Tahap develop ialah hasil validasi dan produk akhir. Analisis validasi ahli menggunakan teknik analisis rata-rata dan diubah menjadi kualitatif dengan penentuan kriteria validasi. Analisis respon siswa dengan teknik analisis rata-rata dan diubah menjadi kualitatif (skala lima). Hasil analisis validasi ahli menunjukkan bahan ajar mendapatkan nilai 3,65 dan valid. RPP dalam kriteria valid dengan nilai 3,69. CoRe (Content Representation) mendapatkan nilai 3,62 dan valid. E-book valid dengan nilai 3,78. Respon siswa 89,5% menyatakan E-book dalam kategori sangat menarik. Keterlaksanaan pembelajaran selama satu pertemuan adalah 91.67%, dan e-book ini dapat dikatakan cukup praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18870

Actions (login required)

View Item View Item