Pengembangan bahan ajar fisika flipbook materi teknologi digital berbasis Science Technology Society (STS) berbantuan video pembelajaran untuk kelas XII SMA/MA / Zumrotul Fajriyah

Fajriyah, Zumrotul (2018) Pengembangan bahan ajar fisika flipbook materi teknologi digital berbasis Science Technology Society (STS) berbantuan video pembelajaran untuk kelas XII SMA/MA / Zumrotul Fajriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Fajriyah Zumrotul. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Flipbook Fisika Materi Teknologi Digital Berbasis Science Technology Society (STS) Berbantuan Video Pembelajaran untuk Kelas XII SMA/MA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulur S.Pd. M Si. M.T.D. (II) Drs. Winarto M.Pd. Kata Kunci Bahan ajar flipbook materi teknologi digital model science technology society video pembelajaran Pada pembelajaran Fisika SMA terdapat materi teknologi digital yang membekali siswa pengetahuan tentang perkembangan teknologi. Pembelajaran materi teknologi digital akan lebih efektif dan efisien jika siswa belajar mandiri melalui bahan ajar yang dikembangkan sendiri oleh guru sehingga siswa dapat menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Selain itu untuk memenuhi kemampuan abad 21 yaitu terampil untuk menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi (TIK) maka bahan ajar perlu dikemas dalam tampilan elektronik (e-book). Bahan ajar juga harus dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi. Model pembelajaran yang sesuai dengan materi teknologi digital adalah model science technology society (STS) dan didukung dengan bantuan video pembelajaran agar siswa dapat lebih memahami materi. Bahan ajar yang dikembangkan dapat membantu siswa memahami konsep penting materi teknologi digital. Bahan ajar yang dikemas dalam bentuk flipbook ini belum banyak digunakan untuk pembelajaran fisika sehingga perlu untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar flipbook dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar fisika flipbook materi teknologi digital berbasis science technology society (STS) berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar fisika flipbook materi teknologi digital berbasis science technology society (STS) berbantuan video pembelajaran. Prosedur penelitian dan pengembangan ini dilakukan berdasarkan lima tahap (dari sepuluh tahap) penelitian dan pengembangan menurut model Borg Gall. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan adalah teknik analisis persentase dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil validasi bahan ajar dan RPP fisika flipbook materi teknologi digital berbasis science technology society (STS) berbantuan video pembelajaran dikategorikan sangat valid dan asil uji coba keterbacaan oleh siswa juga mendapat kategori sangat valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar fisika flipbook materi teknologi digital berbasis science technology society (STS) berbantuan video pembelajaran yang dikembangkan memperoleh persentase 85 82% dan dinyatakan layak digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18867

Actions (login required)

View Item View Item