Pengembangan Bahan Ajar Fisika Flipbook Berbasis Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Peta Konsep Materi Rangkaian Arus Bolak-balik (AC) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XII SMA/MA / Sri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Bahan Ajar Fisika Flipbook Berbasis Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Peta Konsep Materi Rangkaian Arus Bolak-balik (AC) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XII SMA/MA / Sri Utami

Utami, Sri (2018) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Flipbook Berbasis Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Peta Konsep Materi Rangkaian Arus Bolak-balik (AC) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XII SMA/MA / Sri Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Utami Sri. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Flipbook Berbasis Predict Observe Explain (POE) Berbantuan Peta Konsep Materi Rangkaian Arus Bolak-balik (AC) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XII SMA/MA. Skripsi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sulur S.Pd M.Si M.T.D. (II) Dr. Endang Purwaningsih M.Si. Kata Kunci bahan ajar flipbook predict observe explain peta konsep rangkaian arus bolak-balik (AC) Materi rangkaian arus bolak balik dianggap sulit oleh sebagian siswa SMA. Hal ini dikarenakan pada materi ini siswa dituntut mampu menganalisis arus tegangan sumber arus bolak-balik rangkaian RLC hingga mampu mempresentasikan penerapan rangkaian arus bolak-balik dalam kehidupan. Selain itu sistem pembelajaran di sekolah masih berpusat pada guru dan sumber belajar yang digunakan masih kurang menuntun siswa mencapai tuntutan pada kompetensi dasar. Penyajian masalah pada bahan ajar yang dipakai siswa SMA secara umum terdapat di bagian awal materi saja dan peta konsep yang disajikan di bahan ajar berupa point singkat. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan diatas adalah dengan memperbaiki sistem pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran predict observe explain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan bahan ajar fisika flipbook berbasis predict observe explain berbantuan peta konsep pada materi rangkaian arus bolak-balik (AC) untuk siswa kelas XII SMA/MA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R D) dengan memilih model pengembangan Four D (4-D). Langkah-langkah penelitian nya yaitu (1) tahap define (pendefinisian) melakukan analisis sebelum menyusun bahan ajar. (2) tahap design (perencanaan) menyusun bahan ajar sesuai dengan yang dikembangkan (3) tahap development (pengembangan) menghasilkan produk bahan ajar yang telah direvisi dari validator (4) tahap disseminate (desiminasi). Pada penelitian dan pengembangan ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan yaitu sampai pada tahap uji kepraktisan oleh siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarik. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket untuk validasi bahan ajar oleh ahli dan uji coba keterbacaan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar fisika flipbook berbasis predict observe explain mendapatkan kriteria sangat valid dari penilaian tiga validator sedangkan berdasarkan hasil persentase keterbacaan bahan ajar oleh siswa bahan ajar dinyatakan layak. Secara umum hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan dinyatakan baik serta dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Implikasi dari penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar fisika flipbook berbasis predict observe explain berbantuan peta konsep dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XII SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18866

Actions (login required)

View Item View Item