Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis multiprestasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X MA MIA Bilingual Batu / Weny Estiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis multiprestasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X MA MIA Bilingual Batu / Weny Estiyani

Estiyani, Weny (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis multiprestasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X MA MIA Bilingual Batu / Weny Estiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Estiyani Weny. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Multirepresentasi terhadap Prestasi Belajar Fisika Kelas X MA Bilingual Batu. Skripsi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd. (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Multirepresentasi Prestasi Belajar Fisika. Kurikulum 2013 yang diterapkan saat ini menekankan prinsip pembelajaran siswa aktif. Salah satu model yang dapat diterapkan dalam melibatkan siswa secara aktif adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena setiap anggota kelompok mempunyai tanggungjawab dan kesempatan yang sama. Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) dipadukan dengan pembelajaran berbasis multi representasi untuk membuat siswa lebih aktif dalam belajar kelompok serta memiliki pemahaman yang baik tentang materi yang dipelajari sehingga dapat menunjang prestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis multirepresentasi dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian quasy exsperiment dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA MA Bilingual Batu sekaligus sebagai sampel yang terdiri dari dua kelas dan diambil secara random untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Variabel terikat yang diamati adalah prestasi belajar fisika menggunakan instrumen pengukuran berupa 17 butir soal pilihan ganda. Uji kesamaan rata-rata diperoleh dari data sekunder bab sebelumnya menggunakan uji-t (two tailed). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t (one tailed) untuk menguji prestasi belajar mana yang lebih tinggi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis uji kesamaan rata-rata diperoleh thitung 1 56 dan ttabel 2 29 dengan taraf signifikansi 0 025 maka thitung 8804 ttabel sehingga tidak ada perbedaan kemampuan awal siswa. Hasil uji hipotesis prestasi belajar menunjukkan bahwa thitung 5 05 dan ttabel 1 67 dengan taraf signifikansi 0 05 maka thitung ttabel sehingga terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa prestasi belajar siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe NHT berbasis multirepresentasi lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18865

Actions (login required)

View Item View Item