Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery melalui Tinjauan Empiris-Teoritis berbantuan web terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Siswa SMA Kelas X Pokok Bahasan Momentum Impuls dan Tumbukan / Rizqi Maulidina Mahfi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery melalui Tinjauan Empiris-Teoritis berbantuan web terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Siswa SMA Kelas X Pokok Bahasan Momentum Impuls dan Tumbukan / Rizqi Maulidina Mahfi

Mahfi, Rizqi Maulidina (2018) Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery melalui Tinjauan Empiris-Teoritis berbantuan web terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Siswa SMA Kelas X Pokok Bahasan Momentum Impuls dan Tumbukan / Rizqi Maulidina Mahfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mahfi Rizqi Maulidina. 2018. Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery melalui Tinjauan Empiris-Teoritis berbantuan web terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penguasaan Konsep Siswa SMA Kelas X Pokok Bahasan Momentum Impuls dan Tumbukan. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd (II) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata Kunci Inquiry-Discovery melalui tinjauan empiris-teoritis web kemampuan pemecahan masalah penguasaan konsep Inquiry-discovery melalui tinjuan empiris-teoritis berbantuan web merupakan pembelajaran yang menuntut siswa melakukan penyelidikan dan di akhir pembelajaran peserta didik diajak untuk memeriksa data empiris dan hasil temuannya melalui tinjauan teoritis yang memanfaatkan web untuk menunjang kegiatan belajar yang dapat diakses dengan waktu yang tidak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep siswa yang diberi pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjuan empiris-teoritis berbantuan web dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi exsperiment pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMAN 1 Manyar. Sampel penelitian yaitu kelas X MIPA-1 dan X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Kemampuan pemecahan masalah diukur menggunakan intrumen tes uraian dan penguasaan konsep diukur menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas taraf kesukaran soal daya pembeda dan reliabilitas. Hasil tes diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Liliefors dan Uji homogenitas menggunakan Uji Harley. Selanjutnya dilakukan uji kesamaan keadaan awal menggunakan t-test dua ekor dan uji hipotesis menggunakan Anava AB dengan taraf sigifikansi 5%. Hasil Uji Anava AB kemampuan pemecahan masalah didapat Fhit 80 03 4 06 untuk data varian antar pembelajaran (A) disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang dibelajarkan dengan pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjuan empiris-teoritis berbantuan web lebih tinggi daripada kelas konvensional. Data varian antar kemampuan awal (B) didapat Fhit 5 28 4.06 disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang berkemampuan awal tinggi-rendah yang dibelajarkan dengan pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjuan empiris-teoritis berbantuan web lebih tinggi daripada kelas konvensional. Hasil Uji Anava AB penguasaan konsep didapat Fhit 23 26 4 06 untuk data varian antar pembelajaran (A) disimpulkan bahwa peningkatan penguasaan konsep yang dibelajarkan dengan pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjuan empiris-teoritis berbantuan web lebih tinggi daripada kelas konvensional. Data varian antar kemampuan awal (B) didapat Fhit 4 29 4 06 disimpulkan bahwa peningkatan penguasaan konsep siswa yang berkemampuan awal tinggi-rendah yang dibelajarkan dengan pembelajaran inquiry-discovery melalui tinjuan empiris-teoritis berbantuan web lebih tinggi daripada kelas konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18864

Actions (login required)

View Item View Item