Pengaruh model pembelajaran ISTAD berbantuan PhET terhadap prestasi belajar Fisika siswa pada materi Gelombang Cahaya / Wildan Hansen - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran ISTAD berbantuan PhET terhadap prestasi belajar Fisika siswa pada materi Gelombang Cahaya / Wildan Hansen

Hansen, Wildan (2018) Pengaruh model pembelajaran ISTAD berbantuan PhET terhadap prestasi belajar Fisika siswa pada materi Gelombang Cahaya / Wildan Hansen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hansen Wildan.2018.Pengaruh Model Pembelajaran ISTAD Berbantuan PhET Terhadap Prestasi Belajar Fisika SMA Pada Materi Gelombang Cahaya. Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd Pembimbing (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd Kata kunci ISTAD berbantuan PhET prestasi belajar fisika gelombang cahaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ISTAD berbantuan PhET terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA pada materi gelombang cahaya. Prestasi belajar merupakan tolak ukur dalam menilai seberapa besarkah daya serapan materi yang telah diajarkan pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian Gulo (2017) penyebab rendahnya prestasi belajar siswa adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang atau tidak melibatkan siswa secara aktif. Untuk mengatasi tingkat prestasi belajar siswa yang rendah maka diperlukan model baru yaitu model pembelajaran ISTAD yang merupakan perpaduan sintaks antara model kooperatif tipe STAD dengan sintak inkuiri. Model pembelajaran ISTAD sangatlah cocok digunakan sesuai dengan kurikulum 2013 yang mana mengedepankan penyelidikan ilmiah dan mengarahkan siswa untuk belajar bekerja sama dalam mencapai tujuannya. Model ini dipadukan dengan aplikasi PhET sehingga lebih meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control desain group. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Batu. Penarikan sampel dengan purposive sampling sampel terdiri dari dua kleas masing-masing berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes diakhir pembelajaran untuk mendapatkan data prestasi belajar fisika siswa. Uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan 0 05. Hasil analisis prestasi belajar fisika kelas eksperimen dengan model pembelajaran ISTAD berbantuan PhET lebih tinggi dari kelas kontrol dengan model konvensional dengan hasil nilai thitung (7 74) ttabel (0 166). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ISTAD berbantuan PhET dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18862

Actions (login required)

View Item View Item