Pembelajaran hukum-hukum Newton secara terintegrasi melalui learning cycle 5E untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA kelas X / Erniwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran hukum-hukum Newton secara terintegrasi melalui learning cycle 5E untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA kelas X / Erniwati

Erniwati (2018) Pembelajaran hukum-hukum Newton secara terintegrasi melalui learning cycle 5E untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA kelas X / Erniwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Erniwati. 2018. Pembelajaran Hukum-Hukum Newton Secara Terintegrasi Melalui Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sutopo M.Si. (2) Sujito S.Pd. M.Si. Kata Kunci Penguasaan Konsep Pembelajaran Terintegrasi Learning Cycle 5E Hukum Newton tentang Gerak Penelitian ini membahas tentang pembelajaran hukum-hukum Newton secara terintegrasi melalui learning cycle 5E untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA kelas X. Tujuan spesifik dari pembelajaran adalah untuk membangun pemahaman komprehensif pada hukum-hukum Newton. Fokus penelitian adalah untuk menguji keefektifan pembelajaran terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan mixed methods jenis embedded experimental design. Data dari penelitian ini terbagi menjadi data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor pretest dan posttest sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi selama pembelajaran dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 Brawijaya Smart School dengan jumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep berjumlah 11 soal yang diadaptasi dari force concept inventory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 6 siswa (30%) mendapatkan nilai diatas rata-rata pada saat pretest dan sebanyak 3 siswa (15%) mendapatkan nilai diatas rata-rata pada saat posttest. Nilai dari skewness pada pretest dan posttest adalah 0 40 dan 0 18. Nilai skewness dari data pretest dan posttest lebih besar dari -1 dan kurang dari 1. Kedua data tersebut dapat dikatakan terdistribusi normal. Hasil t-test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0 00 dimana perbedaan skor pretest dan posttest adalah signifikan. Peningkatan skor pretest dan posttest dihitung dengan menggunakan d-effect size untuk mengetahui pengaruh atau dampak pembelajaran terhadap penguaan konsep siswa. Nilai d-effect size diperoleh sebesar 2 16 yang termasuk dalam kategori lebih besar dari standar. Untuk mengetahui seberapa kuat peningkatan penguasaan konsep siswa berdasarkan pretest dan posttest dilakukan perhitungan gain ternormalisasi. Nilai N-gain diperoleh sebesar 0 33 yang termasuk kategori medium bawah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran hukum-hukum Newton secara terintegrasi dapat meingkatkan penguasaan konsep siswa kelas X MIPA I Brawijaya Smart School.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18861

Actions (login required)

View Item View Item