Pengaruh penerapan model pembelajaran teams games tournament dalam e-learning schoology terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa / Sheren Aurora Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran teams games tournament dalam e-learning schoology terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa / Sheren Aurora Maharani

Maharani, Sheren Aurora (2020) Pengaruh penerapan model pembelajaran teams games tournament dalam e-learning schoology terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa / Sheren Aurora Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maharani Sheren Aurora. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dalam E-Learning Schoology Terhadap Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Siswa. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nunung Nurjanah M.Kes. (II) Dra. Wiwik Wahyuni M.Pd. Kata Kunci teams games tournament schoology keterampilan Komunikasi keterampilan kolaborasi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran teams games tournament dalam e-learning schoology terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa SMK Tata Boga Se-Kota Malang. Kemampuan komunikasi dan kolaborasi merupakan suatu kemampuan paling dasar yang harus dimiliki seorang siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa. Model pembelajaran teams games tournament berpusat pada siswa dan dapat meningkatkan keterampilan siswa. Model pembelajaran teams games tournament menekankan pada permainan kerjasama dengan cara membagi dalam suatu kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang siswa. Penggunaan teknologi melalui media pembelajaran dapat membantu perubahan proses pengajaran tradisional serta membantu peserta didik agar lebih mudah belajar. Media pembelajaran berbasis elektronik yang dapat digunakan salah satunya yaitu schoology. Penelitian ini menggunakan design Pre Experimental dengan model One-Shot Case Studi. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tertutup menggunakan angket. Analisis data menggunakan dua jenis analisis yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran teams games tournament dalam e-learning schoology pada mata pelajaran ilmu gizi kompetensi dasar daftar bahan makanan penukar diikuti dengan baik oleh sebagian besar siswa. Siswa SMK Tata Boga Se-Kota Malang juga dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik saat pembelajaran berlangsung. Penerapan model pembelajaran teams games tournament dalam schoology berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa. hasil data dari responden dianalisis menggunakan SPSS dan mendapatkan hasil penerapan model pembelajaran teams games tournament berbasis schoology terhadap keterampilan komunikasi memiliki signifikan 0 05 yaitu 0.000 dan penerapan model pembelajaran teams games tournament berbasis schoology terhadap keterampilan kolaborasi memiliki signifikan 0 05 yaitu 0.014. Disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran teams games tournament berbasis schoology terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa SMK Tata Boga se-Kota Malang pada mata pelajaran ilmu gizi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/188601

Actions (login required)

View Item View Item