Priyantini, Dewi (2018) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbantuan virtual laboratory terhadap prestasi belajar fisika peserta didik kelas X SMAN 9 Malang dalam menganalisis hukum Newton tentang Gerak / Dewi Priyantini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Priyantini Dewi . 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Virtual Laboratory Terhadap Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 9 Malang dalam Menganalisis Hukum Newton tentang Gerak. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim M.Pd. (II) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata Kunci model pembelajaran guided inquiry berbantuan virtual laboratory prestasi belajar fisika Peserta Didik hukum Newton tantang gerak Model pembelajaran guided inquiry merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 yang lebih menekankan kepada scientific approach. Langkah pembelajaran guided inquiry yaitu observation manipulation generalization verification application. Penggunaan virtual laboratory berupa simulasi PhET bertujuan untuk meningkatkan minat peserta didik membantu dalam mengembangkan kemampuan berpikir abstrak serta dapat menyelesaikan permasalahan matematis karena didukung dengan penjelasan verbal dengan animasi video pembelajaran yang kontekstual dan gambar. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar fisika peserta didik kelas X SMAN 9 Malang dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbantuan virtual laboratory lebih tinggi dari pada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 9 Malang. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Prestasi belajar peserta didik diukur dengan menggunakan instrumen tes dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum diberikan kepada sampel penelitian dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada instrumen tes. Kemudian hasil tes diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Kolmogrov-Smirnov dan uji homogenitas rumus Fisher. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan Independen Sampel t-Test dengan teraf signifikansi 5%. Hasil Independen Sampel t-Test didapat nilai signifikansi 0 000 0 05 dan nilai thitung 4 095 1 668 t(68 .05) yang menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbantuan virtual laboratiry lebih tinggi daripada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional direct intruction.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |