Pengaruh feedback formatif terintegrasi model pembelajaran PBL terhadap prestasi belajar fisika kelas X pada materi usaha dan energi / Bima Olga Primadoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh feedback formatif terintegrasi model pembelajaran PBL terhadap prestasi belajar fisika kelas X pada materi usaha dan energi / Bima Olga Primadoni

Primadoni, Bima Olga (2018) Pengaruh feedback formatif terintegrasi model pembelajaran PBL terhadap prestasi belajar fisika kelas X pada materi usaha dan energi / Bima Olga Primadoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Primadoni Bima O. 2018. Pengaruh Feedback Formatif Terintegrasi Model Pembelajaran PBL Terhadap Prestasi Belajar Fisika Kelas X Pada Materi Usaha dan Energi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sujito S.Pd M.Si (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci Feedback Formatif Pembelajaran PBL Prestasi Belajar Salah satu tujuan dari feedback formatif terintegrasi model pembelajaran PBL adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru memegang peranan penting dalam peningkatan prestasi belajar siswa. Pemberian feedback dimaksudkan sebagai upaya memperbaiki dan meningkatkan kemampuan pemahaman fisika siswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh feedback formatif terintegrasi model pembelajaran PBL terhadap prestasi belajar Fisika kelas X pada materi usaha dan energi. Rancangan penelitian ini menggunakan control group pretest and postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA di SMA Negeri 3 Blitar tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang ditetapkan secara sengaja oleh peneliti yang tidak murni berdasarkan kriteria subjektif si peneliti namun didasarkan pada tujuan (purposive) dan pertimbangan-pertimbangan (Judgment) tertentu yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 siswa serta kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah feedback formatif terintegrasi model pembelajaran PBL pada kelas ekperimen dan model pembelajaran PBL pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasis belajar siswa. Penelitian menggunakan dua macam instrumen yaitu instrumen perlakuan (RPP dan LKS) dan intrumen pengukuran (lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran post test prestasi belajar Fisika). Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung sebesar 5 080 lebih besar daripada ttabel sebesar 1 668 pada taraf signifikansi 0 05. Dari hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan feedback formatif terintegrasi model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL. Rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 85 32 dan kelas kontrol 76 17.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18858

Actions (login required)

View Item View Item