Fauziah, Ucik Lailatul (2018) Pengaruh pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan facebook terhadap prestasi belajar siswa pada materi impuls dan momentum SMA Negeri 1 Gondanglegi / Ucik Lailatul Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Fauziah Ucik Lailatul. 2018. Pengaruh Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Impuls Dan Momentum SMA Negeri 1 Gondanglegi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Drs. H. Winarto M.Pd Kata Kunci Team Assisted Individualization (TAI) Facebook Prestasi Belajar Pendidikan merupakan suatu aspek yang sangat mendasar bagi kelangsungan pembangunan suatu bangsa. Saat ini masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah rendahnya prestasi belajar siswa maka dibutuhkan pembelajaran yang tepat dan menggunakan media pembelajaran. Salah satunya dengan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yaitu model pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran kelompok dengan pembelajaran individual dengan berbantuan facebook pembelajaran tersebut dapat menghasilkan pretasi belajar siswa yang baik meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa mengoptimalkan kerjasama antar siswa meningkatkan belajar kognitif yang efektif dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa fisika yang diberi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Facebook dengan siswa yang diberi pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-MIA SMA Negeri 1 Gondanglegi tahun pelajaran 2017-2018 sebanyak 62 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampel acak kelas (cluster random sampling) yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan facebook dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa RPP dan LKPD serta instrumen pengukuran berupa lembar observasi dan soal tes prestasi belajar dengan 17 butir soal yang valid dari 28 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data prestasi belajar setelah diberi perlakuan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan facebook pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas control hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen dengan nilai 74 00 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai 57 40. Hasil uji hipotesis prestasi belajar didapat thitung 4 30 1 67 (t62 0 05) menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Facebook lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Facebook berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |