Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi interaktif dengan saintifik approach untuk siswa kelas XI pada materi dinamika rotasi / Irwan Mustaqim

Mustaqim, Irwan (2018) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi interaktif dengan saintifik approach untuk siswa kelas XI pada materi dinamika rotasi / Irwan Mustaqim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mustaqim Irwan. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Interaktif Dengan Saintifik Approach Untuk Siswa Kelas Xi Pada Materi Dinamika Rotasi.Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Winarto M.Pd. (ll) Drs. Kadim Masjkur M.Pd Kata Kunci media animasi interaktif saintifik approach dinamika rotasi Media pembelajaran adalah sarana untuk menyampaikan isi materi dan dapat membantu pemahaman peserta didik. Penggunaan komputer sebagai media pembelajaran sangat membantu di berbagai hal seperti membuat tulisan menjadi rapi dan memberikan umpan balik secara langsung. Penggunaan komputer sebagai mediapembelajaran dapat memvisualisasikan materi dinamika rotasi. Media pembelajaran animasi interaktif akan afektif apabila menggabungkan pendekatan saintifik. Maka perlu penelitian dan pengembangan media pembelajaran animasi interaktif dengan pendekatan saintifik untuk materi dinamika rotasi Model penelitian dan pengembangan yang digunakan Borg and Gall. Pada penelitian dan pengembangan Borg and Gall ada 10 tahapan namun pada penelitian dan pengembangan ini sampai tahapan 5 yaitu studi pendahuluan merencanakan penelitian pengembangan desain uji coba produk dan revisi produk. Media pembelajaran ini diuji kevalidan dan kepraktisan. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari kritik dan saran dari validator dan data kuantitatif akan diperoleh dari penilaian menggunakan skala likert. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan program swishmax4. Media pembelajaran ini berisi gambar teks animasi dan video yang digabungkan secara interaktif. Produk media ini berisi materi praktikum contoh soal dan soal evaluasi. Uji kevalidan dilakukan oleh validator yaitu Dosen Pendidikan Fisika UM dan Guru SMAN 5 Malang. Uji kevalidan meliputi kevalidan materi dan kevalidan media. Hasil uji kevalidan materi mendapatkan nilai 80% hal ini dapat dinyatakan valid. Hasil uji kevalidan media mendapatkan nilai 83% hal ini dapat dinyatakan valid. Dari uji coba terbatas diperoleh data kepraktisan mendapatkan persentase 99% hal ini dapat dinyatakan media pembelajaran ini sudah praktis. Meskipun dari data penilaian menunjukkan valid namun tetap dilakukan revisi dari data kualitatif berupa kritik dan saran dari validator dan uji coba terbatas. Produk media pembelajaran ini belum sepenuhnya mencakup materi dari 6 materi baru 4 materi yang di dalam media ini. Materi yang ada pada media adalah momen gaya momen inersia momentum sudut dan gerak menggelinding. Produk media pembelajaran belum ada pada diuji mengenai efektivitasnya. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan produk ini lebih lanjut dan menguji efektivitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18856

Actions (login required)

View Item View Item