Pengembangan multimedia pembelajaran Fisika berbantuan Swishmax dengan model REACT pada penerapan prinsip Fluida Dinamis dalam Teknologi di SMA / Zahrotuz Zakiyah Tsalitsah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran Fisika berbantuan Swishmax dengan model REACT pada penerapan prinsip Fluida Dinamis dalam Teknologi di SMA / Zahrotuz Zakiyah Tsalitsah

Tsalitsah, Zahrotuz Zakiyah (2018) Pengembangan multimedia pembelajaran Fisika berbantuan Swishmax dengan model REACT pada penerapan prinsip Fluida Dinamis dalam Teknologi di SMA / Zahrotuz Zakiyah Tsalitsah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tsalitsah Zahrotuz Zakiyah. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbantu Swishmax dengan Model REACT pada Penerapan Prinsip Fluida Dinamis dalam Teknologi di SMA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Winarto M.Pd. (II) Dr. Edi Supriyana M.Si. Kata Kunci media pembelajaran swishmax REACT fluida dinamis Salah satu cara meningkatkan hasil belajar dalam memanfatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Multimedia merupakan salah satu media pembelajaran berbasis komputer yang mampu membantu proses belajar mengajar. Menurut Hofstetter (2001) multimedia adalah pengunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks suara gambar animasi video dengan alat (tool) dan koneksi (link) sehingga dapat melakukan navigasi berinteraksi berkarya dan berkomunikasi. Multimedia pembelajaran merupakan penyajian informasi yang meliputi kata audio visualisasi yang dimaksudkan untuk membantu perkembangan proses pembelajaran (Mayer 2014). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia pembelajaran dan mendeskripsikan kelayakan desain produk multimedia pembelajaran berbantu swishmax dengan model REACT pada penerapan prinsip fluida dinamis dalam teknologi. Desain penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang diadaptasi menjadi 3 langkah yaitu studi pendahuluan pengembangan produk dan uji coba produk. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi angket oleh validator dan calon pengguna. Angket validator digunakan untuk menentukan tingkat validitas multimedia pembelajaran dan angket respon siswa digunakan untuk menentukan kepraktisan multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif dari validator dianalisis dengan menggunakan teknik rerata sedangkan data kuantitatif dari angket respon siswa dianalisis menggunakan teknik persentase. Data kualitatif diperoleh dari komanter dan saran validator dan calon pengguna. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba terbatas yang telah dilakukan diperolah nilai rata-rata kevalidan media 3 73 dan rata-rata kevalidan materi 3 74. hasil uji coba terbatas yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 4 Sidayu didapatkan sebesar 96%. Dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan untuk mata pelajaran fisika materi fluida dinamis kelas XI valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Dalam pemanfaatan multimedia pembelajaran sebaiknya pengguna sudah terbiasa mengoperasikan komputer dan membaca petunjuk pemanfaatan dengan cermat agar nantinya dalam mengoperasikan multimedia pembelajaran pengguna tidak mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18854

Actions (login required)

View Item View Item