Pengaruh problem based learning dengan model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah pada Fisika materi Listrik Dinamis tentang Hukum Ohm di kelas XI MIPA SMAN 10 Malang / Citra Amalia Putri Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh problem based learning dengan model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah pada Fisika materi Listrik Dinamis tentang Hukum Ohm di kelas XI MIPA SMAN 10 Malang / Citra Amalia Putri Pratiwi

Pratiwi, Citra Amalia Putri (2018) Pengaruh problem based learning dengan model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah pada Fisika materi Listrik Dinamis tentang Hukum Ohm di kelas XI MIPA SMAN 10 Malang / Citra Amalia Putri Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratiwi Citra Amalia Putri. 2018. Pengaruh Problem Based Learning dengan Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Fisika Materi Listrik Dinamis tentang Hukum Ohm Di Kelas XI MIPA SMAN 10 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M. Pd. (II) Drs. Purbo Suwasono M. Si. Kata Kunci problem based learning inquiry kemampuan pemecahan masalah listrik dinamis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang dibelajarkan menggunakan PBL dengan model inquiry. Pada pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang membutuhkan pembelajaran dengan cara yang khusus yaitu dengan melakukan observasi eksperimentasi penyimpulan penyusunan teori dan observasi sehingga fisika membutuhkan model pembelajaran yang dapat memecahkan masalah melalui sebuah masalah dalam kehidupan nyata di sekitar siswa dan juga menekankan kepada proses belajar yang mengarah pada kemampuan pemecahan masalah melalui sebuah penelitian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasy Experimental Design). Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA N 10 Malang tahun ajaran 2017-2018. Sampel penelitian sebanyak dua kelas. Kelas XI MIPA A sebagai kelas eksperimen (PBL) dan XI MIPA B sebagai kelas kontrol (konvensional) SMA N 10 Malang. Teknik Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Rumus yang digunakan untuk mencari nilai reliabilitas soal bentuk uraian adalah rumus Cronbach Alpha. Uji normalitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kolmogorov- Smirnov. Uji hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistic uji nonparametik Uji Mann Whitney. Penelitian dengan menerapkan PBL dengan model inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada konsep listrik dinamis di peroleh nilai ratarata kelas kontrol pretest 25 34 dan posttest 78 97 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen pretest 30 25 dan posttest 85 34. Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian dengan judul Pengaruh Problem Based Learning dengan Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Fisika Materi Listrik Dinamis tentang Hukum Ohm Di Kelas XI MIPA SMAN 10 Malang bisa dikatakan berhasil atau berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18853

Actions (login required)

View Item View Item