Pengaruh model pembelajaran inkuiri-STAD berbantuan media simulasi PhET terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA materi usaha dan energi / Dewi Alviani Husna

Husna, Dewi Alviani (2018) Pengaruh model pembelajaran inkuiri-STAD berbantuan media simulasi PhET terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA materi usaha dan energi / Dewi Alviani Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Husna, Dewi Alviani. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri-STAD Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Materi Usaha dan Energi. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd. (II) Sulur, S.Pd., M.Si., M.T.D. Kata Kunci: inkuiri-STAD, simulasi PhET, prestasi belajar. Prestasi belajar siswa pada materi usaha dan energi belum maksimal. Terbukti dari hasil tes usaha dan energi, presentase siswa yang menjawab benar sebesar 41,8%. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa seperti yang diharapkan pada kurikulum 2013 yaitu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri-STAD berbantuan media simulasi PhET. Inkuiri-STAD merupakan perpaduan pendekatan inkuiri dengan STAD yang memfasilitasi siswa untuk melakukan penemuan dalam kelompok kooperatif. Media simulasi PhET adalah serangkaian simulasi yang mengintegrasikan teknologi komputer ke dalam pembelajaran. Media simulasi PhET menekankan pada hubungan antara fenomena kehidupan nyata dengan konsep yang mendasari dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang diberi pembelajaran Inkuiri-STAD berbantuan media simulasi PhET dengan siswa yang diberi pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan quasy experimental pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Batu. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Prestasi belajar fisika siswa diukur menggunakan instrumen yang berupa tes pilihan ganda. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda. Hasil tes diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas menggunakan Uji F. Selanjutnya, dilakukan uji kesamaan keadaan awal menggunakan t-test dua ekor dengan taraf signifikansi 2,5% dan uji hipotesis menggunakan t-test satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji t prestasi belajar didapat thitung = 4,436 > 1,667 (t74;0,05), menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri-STAD berbantuan media simulasi PhET lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 80 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 64. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada pendidik untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri-STAD berbantuan media simulasi PhET pada pembelajaran fisika khususnya materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18851

Actions (login required)

View Item View Item