Pengaruh Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam pembelajaran Guided Inquiry terhadap literasi sains kompetensi peserta didik pada materi Alat-alat Optik / Lulut Citra Dewi

Dewi, Lulut Citra (2018) Pengaruh Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam pembelajaran Guided Inquiry terhadap literasi sains kompetensi peserta didik pada materi Alat-alat Optik / Lulut Citra Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii RINGKASAN Dewi, Lulut Citra. 2018. Pengaruh Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Literasi Sains Kompetensi Peserta Didik pada Materi Alat-alat Optik. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Parno, M.Si, (II) Dr. Lia Yuliati, M.Pd. Kata Kunci: STEM, Model Pembelajaran Guided Inquiry, Literasi Sains Kompetensi. Tujuan utama dalam pembelajaran sains adalah memahami prinsip-prinsip sains dan mengembangkan prinsip tersebut dalam kehidupan sehari-hari yang disebut sebagai literasi sains. Literasi sains siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang cenderung menekankan aspek pemahaman berdasarkan ingatan atau hafalan. Penggunaan pendekatan STEM dapat mendorong siswa untuk mengasah kognitif, manipulatif dan afektif, mendesain, mengembangkan dan memanfaatkan teknologi, serta mengaplikasikan pengetahuan. Pendekatan STEM dalam model pembelajaran guided inquiry dapat digunakan untuk mengembangkan literasi sains kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh STEM dalam model pembelajaran guided inquiry terhadap literasi sains kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment dengan pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes literasi sains kompetensi sebanyak 13 soal uraian dengan reliabilitas 0,88 pada 66 siswa SMA Laboratorium UM yang terdiri dari 33 siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan STEM dalam model pembelajaran guided inquiry, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran guided inquiry. Instrumen yang digunakan telah melalui uji ahli sebelum digunakan. Data penelitian dianalisis menggunakan uji- t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan pendekatan STEM model pembelajaran guided inquiry memiliki rata-rata literasi sains kompetensi siswa lebih tinggi yaitu 74,30 dibandingkan dengan rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model guided inquiry yaitu 68,76. Hasil ini diindikasikan oleh hasil uji t-test literasi sains kompetensi siswa didapatkan thitung = 3,32 > 1,67 = ttabel(60;0,05). Hasil ini diperoleh dikarenakan keempat aspek STEM (science, technology, engineering and mathematics) yang terintegrasi kedalam sintaks guided inquiry membantu siswa dalam memahami masalah yang disajikan dan mengaitkan dengan materi yang dipelajari. Oleh sebab itu, siswa dapat mengaplikasikan konsep yang baru diterima kedalam fenomena, fakta atau teknologi kehidupan sehari-hari. Penelitian ini perlu dilanjutkan untuk mengkaji STEM dalam model pembelajaran guided inquiry terhadap literasi sains pada dimensi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18850

Actions (login required)

View Item View Item