Pengembangan paket bimbingan keterampilan interpersonal dalam membina hubungan dengan teman sebaya di SMA Negeri 1 Malang/ Linda Maulidiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bimbingan keterampilan interpersonal dalam membina hubungan dengan teman sebaya di SMA Negeri 1 Malang/ Linda Maulidiyah

Maulidiyah, Linda (2011) Pengembangan paket bimbingan keterampilan interpersonal dalam membina hubungan dengan teman sebaya di SMA Negeri 1 Malang/ Linda Maulidiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci paket bimbingan keterampilan interpersonal teman sebaya. Siswa SMA kelas X menurut rentang usia termasuk masa remaja yang memiliki tugas perkembangan untuk mencapai hubungan yang matang dengan teman sebayanya. Di SMA Negeri 1 Malang terdapat beberapa siswa kelas X yang terlihat sering menyendiri pemalu tidak popular dan tidak begitu banyak teman. Adanya klik atau kelompok kecil di dalam kelas yang cukup banyak membuat siswa sering terlibat konflik baik dengan sesama anggota klik maupun dengan anggota klik lain. Berdasarkan data di atas maka dilakukan penelitian pengembangan paket bimbingan keterampilan interpersonal dalam membina hubungan dengan teman sebaya. Tujuan adalah diperoleh deskripsi proporsi kebutuhan siswa terhadap bimbingan keterampilan interpersonal dalam membina hubungan dengan teman sebaya dan dihasilkan paket bimbingan keterampilan interpersonal dalam membina hubungan dengan teman sebaya yang dapat diterima dan bermanfaat secara teoritik dan praktik. Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri dari dua bagian yaitu (1) panduan paket bimbingan keterampilan interpersonal dalam membina hubungan dengan teman sebaya untuk konselor sebagai pengguna dan (2) panduan dan materi paket bimbingan keterampilan interpersonal dalam membina hubungan dengan teman sebaya untuk siswa sebagai pengguna. Pengembangan paket bimbingan ini mengikuti langkah-langkah model pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi (1) analisis kebutuhan (2) menentukan prioritas kebutuhan (3) merumuskan tujuan (4) menyusun prototipe paket bimbingan (5) penilaian uji ahli dan calon pengguna produk (6) revisi produk dari ahli dan calon pengguna produk (7) draf paket bimbingan keterampilan interpersonal (8) uji coba kelompok kecil (9) revisi produk (10) produk akhir. Untuk mengetahui paket bimbingan yang diterima secara teoritik maupun praktis dilakukan uji validitas produk kepada ahli BK ahli media pembelajaran calon pengguna produk dan kelompok kecil. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data validitas adalah angket format penilaian. Adapun hasil pengisian angket oleh ahli calon pengguna produk dan kelompok kecil dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif jenis tendensi sentral mode dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membutuhkan bimbingan keterampilan interpersonal dalam membina hubungan dengan teman sebaya. Paket bimbingan keterampilan interpersonal dalam membina hubungan dengan teman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item