Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap literasi sains kompetensi peserta didik kelas XI SMAN 9 Malang pada materi alat-alat optik / Febi Mufidah Hermanto

Hermanto, Febi Mufidah (2018) Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap literasi sains kompetensi peserta didik kelas XI SMAN 9 Malang pada materi alat-alat optik / Febi Mufidah Hermanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Hermanto, Febi Mufidah. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap Literasi Sains Kompetensi Peserta Didik Kelas XI SMAN 9 Malang pada Materi Alat-Alat Optik. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Parno, M.Si, (II) Dr. Lia Yuliati, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, STEM, Literasi Sains Kompetensi Literasi sains kompetensi dalam kurikulum 2013 revisi perlu di kembangkan untuk dapat memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam membangun pengetahuan melalui kegiatan pembelajaran yang bermakna dan dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menghadapkan peserta didik pada pengalaman langsung untuk belajar secara aktif mencari dan membangun pengetahuan, dan menghubungkan pengetahuan tersebut dengan kehidupan nyata secara ilmiah. Penggunaan model Problem Based Learning berbasis STEM membantu siswa dalam berlatih memecahkan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEM dapat digunakan untuk memfasilitasi berkembangnya literasi sains kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEM terhadap literasi sains kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes literasi sains kompetensi sebanyak 13 soal uraian dengan reliabilitas alpha-cronbach 0,88 pada 66 siswa SMAN 9 Malang yang terdiri dari 33 siswa kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis STEM, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model Problem Based Learning berbasis STEM memiliki rata-rata literasi sains kompetensi siswa lebih tinggi yaitu 79,00 dibandingkan dengan rata-rata siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning yaitu 68,85. Hasil ini diindikasikan oleh hasil uji t yaitu thitung = 2,93 > 1,67 = ttabel(60;0,05). Hasil ini diperoleh dikarenakan model Problem Based Learning berbasis STEM membantu siswa memahami keseluruhan isi materi melalui penyelidikan dan projek engineering untuk memecahkan masalah yang diberikan sehingga siswa lebih memahami materi yang dipelajari dan mampu menerapkan konsep yang didapat di sekolah dengan permasalahan yang ada di kehidupan sekitar. Penelitian ini perlu dilanjutkan untuk mengkaji pengaruh model Problem Based Learning berbasis STEM terhadap literasi sains pada dimensi literasi sains yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18849

Actions (login required)

View Item View Item