Analisis penguasaan materi momentum dan impuls pada modeling instruction disertai web-based formative feedback / Della Dian Nooritasari

Nooritasari, Della Dian (2018) Analisis penguasaan materi momentum dan impuls pada modeling instruction disertai web-based formative feedback / Della Dian Nooritasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nooritasari, Della Dian. 2018. Analisis Penguasaan Materi Momentum dan Impuls Siswa pada Modeling Instruction disertai Web-Based Formative Feedback. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Sentot Kusairi, M.Si., (II) Sulur, S.Pd., M.Si., M.TD. Kata kunci : penguasaan materi, modeling instruction, web-based formative feedback Penguasaan materi merupakan aspek penting dalam pembelajaran fisika. Salah satu kesulitan yang dialami oleh siswa pada pembelajaran fisika adalah penguasaan materi momentum dan impuls. Dalam meningkatkan penguasaan materi momentum dan impuls diterapkan sebuah model pembelajaran yang memodelkan materi dalam suatu percobaan sederhana yang disebut dengan Modeling Instruction. Pelaksanaan Modeling Instruction memerlukan penilaian yang tepat dan berlangsung seketika itu juga. Web-based formative feedback dapat membantu guru untuk melakukan penilaian secara tepat serta mampu membantu siswa mengetahui sejauh mana penguasaan materi momentum dan impuls. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi siswa yang belajar dengan Modeling Instruction disertai Formative Feedback dan mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa pada materi momentum dan impuls dengan Modeling Instruction disertai formative feedback. Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan embedded experimental design. Sebanyak 10 soal pilihan ganda beralasan diberikan saat pretest dan posttest pada 35 siswa kelas X MIPA 5 di SMAN 1 Tumpang. Instrumen penelitian terdiri dari RPP, LKS, Tes Penguasaan Materi Momentum dan Impuls, Self-Assessment, dan Pedoman Wawancara. Soal tes penguasaan materi momentum dan impuls diadaptasi dari EMCS (Energy and Momentum Conceptual Survey) serta dari soal pengembangan tes diagnostik Diyanahesa, (2017). Analisis dilakukan terhadap soal pilihan ganda dengan statistik deskriptif, uji normalisasi menggunakan Uji Kolmogorov Smirnov, uji daya beda dengan uji paired-t test, serta perhitungan N-gain dan d-effect size untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai uji paired t-test sebesar 0,00 < 0,05 dengan adanya perbedaan hasil pretest dan posttest, N-gain sebesar 0,58 dengan kriteria medium atas dan nilai d-effect size sebesar 2,34 dengan kategori lebih besar sekali dari standar. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan Modeling Instruction disertai formative feedback dapat membantu siswa meningkatkan penguasaan konsep momentum dan impuls. Ditemukan beberapa kesulitan yang masih dialami oleh siswa yaitu dalam menganalisis konsep gaya dan hukum kekekalan momentum pada situasi fisika baru atau dalam bentuk deskriptif. Saran bagi penelitian selanjutnya yaitu untuk lebih banyak memberikan latihan soal kepada siswa agar siswa dapat sering berlatih diluar sekolah. Bisa melalui pembuatan web e-learning dengan jaringan internet yang bagus. Selain itu mengajak siswa untuk melakukan demonstrasi atau percobaan langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18848

Actions (login required)

View Item View Item