Pengaruh model pembelajaran inquiry training disertai teknik marry go round terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X SMA / Ari June Wilyanto Tyas Nenohai - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inquiry training disertai teknik marry go round terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X SMA / Ari June Wilyanto Tyas Nenohai

Nenohai, Ari June Wilyanto Tyas (2018) Pengaruh model pembelajaran inquiry training disertai teknik marry go round terhadap prestasi belajar Fisika siswa kelas X SMA / Ari June Wilyanto Tyas Nenohai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nenohai Ari June Wilyanto Tyas. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training disertai Teknik Marry Go Round terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulur S.Pd M.Si M.T.D (II) Dr. Wartono M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Inquiry Training disertai Teknik Marry Go Round Prestasi Belajar Fisika Siswa Usaha dan Energi Model pembelajaran inquiry training merupakan salah satu model yang sesuai dengan Permendikbud dan menekankan pada scientific approach. Pada pembelajaran inquiry training dimaksudkan agar mampu membuat siswa aktif dan memberikan pengalaman nyata kepada siswa dalam mengkonstruksikan atau mengolah informasi baru yang telah didapatkannya. Penggabungan dengan teknik marry go round bertujuan untuk membantu siswa dalam berbagai ide atau temuan baru yang diperoleh dengan cara berkeliling kelompok juga melalui teknik ini siswa mampu mengkomunikasikan hal-hal yang dianggap penting. Penggunaan model pembelajaran inquiry training disertai teknik marry go round dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi hal ini ditunjukkan dengan perolehan skor tes yang menunjukkan prestasi belajar siswa. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa pada materi usaha dan energi dari siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training disertai dengan teknik marry go round dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kelas kontrol dan siswa kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Prestasi belajar siswa diukur dengan menggunakan instrument tes dalam bentuk soal pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Sebelum diberikan kepada sample penelitian dilakukan uji validitas reliabilitas taraf kesukaran dan daya beda pada instrument tes. Kemudian hasil tes diusi prasyarat menggunakan uji normalitas Liliefors dan uji homogenitas melalui rumus F. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji-t didapat thit (3 295) ttabel (1 666) yang menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajarn inquiry training disertai teknik marry go round lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil dari posttest menunjukkan bahwa rerata dari kelas eksperimen adalah 85 27 sedangkan rerata dari kelas kontrol adalah 77 56 yang menunjukkan rerata posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dari prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training disertai teknik marry go round dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18846

Actions (login required)

View Item View Item