Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah fisika, scientific literacy, dan hubungan keduanya pada pembelajaran berbasis inkuiri dalam Stem Education pokok bahasan Usaha dan Energi di SMAN 1 Gondanglegi / Allita Ayu Hapsari

Hapsari, Allita Ayu (2018) Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah fisika, scientific literacy, dan hubungan keduanya pada pembelajaran berbasis inkuiri dalam Stem Education pokok bahasan Usaha dan Energi di SMAN 1 Gondanglegi / Allita Ayu Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hapsari, Allita Ayu. 2018. Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika, Scientific Literacy dan Hubungan Keduanya pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam STEM Education Pokok Bahasan Usaha dan Energi di SMAN 1 Gondanglegi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Lia Yuliati, M.Pd. (II) Dr. Parno, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Scientific Literacy, Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam STEM Education Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran fisika sehingga kemampuan ini harus dikembangkan. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah fisika dapat dilihat dari pemahaman konsep dan prosedur pemecahan masalah yang telah dilaksanakan oleh siswa. Scientific literacy dikonseptualisasikan sebagai kompetensi spesifik yang terorganisir dalam membangun kemampuan yang berkaitan erat dengan pemecahan masalah. Scientific literacy dianggap sebagai kombinasi dari wawasan terkait sains dan pengetahuan ilmiah termasuk keterampilan dalam hal penyelidikan, berpikir kritis, pemecahan masalah, dan membuat keputusan. Salah satu upaya mengembangkan kemampuan pemecahan masalah fisika dan scientific literacy siswa guna memenuhi keterampilan abad 21 adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis inkuiri yang telah dikembangkan dengan melibatkan STEM education. Pembelajaran berbasis inkuiri dalam STEM education merupakan pembelajaran yang dirancang untuk melatih siswa dalam memecahkan masalah fisika dengan memadukan konsep sains (fisika), pemanfaatan teknologi, desain teknik, dan analitis matematis melalui kegiatan penyelidikan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah fisika dan scientific literacy siswa pada pembelajaran berbasis inkuiri dalam STEM education. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian non-eksperimental deskriptif dan korelasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi, memberikan angket dan tes sebanyak 6 soal uraian kemampuan pemecahan masalah (reliabilitas 0,84) dengan 7 pertanyaan scientific literacy (reliabilitas 0,78) pada 26 siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Gondanglegi. Instrumen yang digunakan telah melalui uji ahli sebelum digunakan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistik deskriptif dan uji korelasi pearson product moment dengan taraf signifikansi 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah fisika sebesar 55,34, sedangkan nilai rata-rata scientific literacy siswa sebesar 50,92. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh r = 0,965 yang termasuk dalam kategori korelasi sangat tinggi. Hasil ini dimaknai bahwa meningkatnya kemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada pembelajaran berbasis inkuiri dalam STEM education akan berdampak pada peningkatan scientific literacy siswa. Penelitian ini perlu dilanjutkan untuk mengkaji hubungan kemampuan pemecahan masalah dan scientific literacy dalam pembelajaran STEM dengan strategi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18844

Actions (login required)

View Item View Item