Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) hukum Newton berbasis CORE (Content Representation) untuk meningkatkan pemahaman konsep / Mujtahidatul Ilmi Fajriyah

Fajriyah, Mujtahidatul Ilmi (2018) Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) hukum Newton berbasis CORE (Content Representation) untuk meningkatkan pemahaman konsep / Mujtahidatul Ilmi Fajriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fajriyah, Mujtahidatul Ilmi. 2018. Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandidi (UKBM) Hukum Newton Berbasis CoRe (Content Representation) untuk Meninfkatkan Pemahaman Konsep. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Purwaningsih, M. Si., (II) Sujito, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: UKBM, CoRe, Hukum Newton Sistem Kredit Semester (SKS) merupakan salah satu produk kurikulum 2013. SKS merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang dirancang untuk melayani peserta didik menyelesaikan beban belajar sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan kecepatan belajarnya (Permendikbud no 158 tahun 2014). Seorang guru dalam SKS dituntut mampu untuk menyediakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). UKBM merupakan satuan pelajaran kecil bersumber pada BTP (Buku Teks Pelajaran) dan berbasis KD (Kompetensi Dasar) yang disusun secara berurutan dari yang mudah sampai ke yang sukar untuk membantu siswa belajar mandiri supaya mencapai ketuntasan beban belajar yang telah ditentukan. Hasil survei lapangan menunjukkan bahwa UKBM: (1) belum membantu siswa untuk belajar dengan baik dan memahami konsep, (2) sebanyak 66,7% siswa memberikan respon negatif terhadap UKBM dan pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan UKBM hukum Newton berbasis CoRe (Content Representation) untuk meningkatkan pemahaman konsep, (2) mengetahui kelayakan dan kepraktisan UKBM hukum Newton berbasis CoRe (Content Representation) untuk meningkatkan pemahaman konsep. Pengembangan dilakukan mengacu pada model menurut Borg & Gall yang dibatasi sampai tahap uji pemakaian. Objek uji coba penelitian ini adalah 12 siswa X IPA 1 SMAN 7 Malang pada uji keterbacaan dan 15 siswa X IPA MA Darussalam Jombang pada uji coba terbatas. Pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian UKBM dan RPP, respon keterbacaan siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan respon pembelajaran siswa. Tes tulis berupa pre-test dan post-test dilakukan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan UKBM Hukum Newton hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan UKBM yang dikembangkan sangat layak. Hasil keterlaksanaan pembelajaran dari pengamatan observer termasuk kriteria praktis. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan UKBM adalah cukup praktis. Pemahaman konsep siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18843

Actions (login required)

View Item View Item