Pembelajaran dengan Conceptual Problem Solving (CPS) pada 5E learning cycle untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI topik prinsip Archimedes / Tsania Nur Diyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan Conceptual Problem Solving (CPS) pada 5E learning cycle untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI topik prinsip Archimedes / Tsania Nur Diyana

Diyana, Tsania Nur (2018) Pembelajaran dengan Conceptual Problem Solving (CPS) pada 5E learning cycle untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI topik prinsip Archimedes / Tsania Nur Diyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diyana Tsania Nur. 2018. Pembelajaran dengan Conceptual Problem Solving (CPS) pada 5E Learning Cycle untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI Topik Prinsip Archimedes. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sutopo M.Si. (2) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata Kunci Conceptual Problem Solving (CPS) 5E Learning Cycle Penguasaan Konsep Prinsip Archimedes. Penelitian ini membahas tentang pembelajaran dengan pendekatan conceptual problem solving pada 5E learning cycle untuk meningkatan penguasaan konsep siswa pada topik prinsip Archimedes. Tujuan spesifik dari pembelajaran adalah untuk membangun pemahaman yang bermakna pada topik prinsip Archimedes. Diantaranya adalah terkait gaya apung merupakan resultan gaya dari gaya oleh tekanan fluida pada benda (tekanan hidrostatik) yang berada dalam fluida gaya apung sama dengan berat fluida yang dipindahkan oleh benda yang tercelup ke dalam fluida serta terdapat dua cara untuk mengetahui besar gaya apung. Fokus penelitian adalah untuk menguji keefektifan pembelajaran terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa. Metode yang digunakan adalah mixed method dengan embedded experimental design. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest sedangkan data kualitatif diperoleh melalui observasi seluruh kegiatan selama pembelajaran berlangsung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 MA Al-Ma arif Singosari dengan jumlah 35 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan (3 x 45 menit). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa saat pretest sebesar 2 66 (SD 0 97) dan saat posttest 5 54 (SD 1 33). Peningkatan skor pretest ke posttest dihitung dengan menggunakan nilai d-effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran terhadap penguasaan konsep siswa. Didapatkan hasil 2 51 yaitu termasuk dalam kategori lebih besar sekali dari standar. Untuk mendeskripsikan seberapa kuat peningkatan pemahaman konsep siswa berdasarkan skor pretest dan posttest dilakukan perhitungan rata-rata gain ternormalisai (N-gain). Diperoleh angka 0 39 dengan kriteria medium bawah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan conceptual problem solving pada 5E learning cycle dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI MA Al-Ma arif Singosari pada topik prinsip Archimedes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18842

Actions (login required)

View Item View Item