Pengembangan bahan ajar komik fisika berbantuan summitsoft comic creator dalam media sosial instagram pada pokok bahasan Usaha dan Energi / Harsipah

Harsipah (2018) Pengembangan bahan ajar komik fisika berbantuan summitsoft comic creator dalam media sosial instagram pada pokok bahasan Usaha dan Energi / Harsipah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Harsipah. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Komik Fisika Berbantuan Summitsoft Comic Creator dalam Media Sosial Instagram pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd., (II) Drs. Purbo Suwasono, M.Si. Kata Kunci: bahan ajar, komik fisika, usaha dan energi, instagram Usaha dan energi merupakan salah satu materi fisika yang memiliki konsep abstrak. Konsep yang abstrak pada materi ini akan lebih baik jika divisualkan melalui gambar. Media yang baik digunakan untuk menyajikan materi melalui gambar dan bahasa adalah komik. Belajar dengan menggunakan komik yang terdiri dari gambar dan teks akan membuat siswa mudah memahami dan mengingat materi yang disampaikan. Komponen visual yang disajikan pada komik akan membantu siswa dalam menyerap informasi yang melibatkan indra penglihatan mereka yaitu mata. Melalui stimulus visual, otak akan lebih mudah mengingat hal yang pernah dilihat oleh mata daripada hanya sekedar mendengarkan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk bahan ajar berupa komik fisika berbantuan summitsoft comic creator dalam media sosial instagram pada pokok bahasan usaha dan energi, (2) Mengetahui kelayakan produk bahan ajar berupa komik fisika berbantuan summitsoft comic creator dalam media sosial instagram pada pokok bahasan usaha dan energi. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi langkah-langkah metode penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Model pengembangan hanya menggunakan 5 tahap dari 10 tahap yang ada, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba, dan (5) revisi. Jenis data dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari pengisian angket oleh validator dan siswa yang menggunakan skala likert, sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar yang diberikan oleh validator dan siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen pedoman wawancara, angket validasi materi, media dan angket respon siswa. Uji coba terbatas dilakukan pada tanggal 19 Maret 2018 di SMA Laboratorium UM oleh 15 siswa kelas XI MIPA 1. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahan ajar komik fisika yang dikembangkan layak untuk digunakan. Persentase kelayakan berdasarkan hasil validasi materi sebesar 87,43%, validasi media sebesar 87,25%, dan respon positif siswa sebesar 84,70%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18841

Actions (login required)

View Item View Item