Analisis penguasaan konsep gerak harmonis sederhana dengan pembelajaran collaborative questioning disertai web-based formative feedback / Maha Nur Aida

Aida, Maha Nur (2018) Analisis penguasaan konsep gerak harmonis sederhana dengan pembelajaran collaborative questioning disertai web-based formative feedback / Maha Nur Aida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN vi Aida Maha Nur. 2018. Analisis Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA pada Materi Gerak Harmonis Sederhana dengan Pembelajaran Collaborative Questioning disertai Web-Based Formative Feedback. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Sulur S.Pd M.Si M.T.D Kata Kunci penguasaan konsep collaborative questioning web-based formative feedback Gerak harmonis sederhana merupakan salah satu konsep penting dalam fisika. Namun demikian beberapa penelitian menemukan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pemberian web-based formative feedback. Pemberian formative feedback sangat penting dalam proses pembelajaran dan feedback yang tepat sasaran memberikan dampak positif terhadap siswa. Penelitian bertujuan menganalisis penguasaan konsep gerak harmonis sederhana siswa SMA yang belajar dengan collaborative questioning disertai web-based formative feedback. Penelitian menggunakan mix methods dengan desain embedded experimental. Penelitian melibatkan 34 siswa X MIA 2 SMA Negeri 1 Karangrejo tahuan pelajaran 2017/2018 yang terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Instrumen utama penelitian meliputi 9 butir tes pilihan ganda beralasan yang telah tervalidasi dan memiliki nilai alfa Cronbach sebesar 0 81. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa pada materi gerak harmonis sederhana. Analisis statistik dilakukan pada data kuantitatif untuk mengetahui gambaran makro tentang efektivitas pembelajaran collaborative questioning disertai web-based formative feedback terhadap penguasaan konsep siswa tentang gerak harmonis sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata N-gain sebesar 0 65 (tinggi) dan effect size 4 52 yang berada pada kategori sangat besar. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran collaborative questioning disertai web-based formative feedback dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa secara signifikan. Kesulitan yang masih dialami siswa antara lain (1) Siswa masih sulit membedakan besaran-besaran terkait menentukan periode pegas maupun periode ayunan (2) Siswa masih beranggapan bahwa semakin besar sudut simpangan maka semakin besar periode dan (3) Siswa kesulitan dalam membaca gambar sistem pegas-massa. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya penulis menyarankan untuk dilakukannya penelitian di tempat lain yang mendukung dalam kegiatan inovasi metode pembelajaran dan pengembangan asesmen berbasis web-based dengan memberikan fasilitas koneksi internet (hotspot/wifi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18839

Actions (login required)

View Item View Item