Pembelajaran guided inquiry berbantuan real dan virtual laboratory untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi rangkaian arus searah / Nur Istiqomah

Istiqomah, Nur (2018) Pembelajaran guided inquiry berbantuan real dan virtual laboratory untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi rangkaian arus searah / Nur Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Istiqomah Nur. 2018. Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Real dan Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Rangkaian Arus Searah. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sutopo Prof. Dr. M.Si (II) Sujito S.Pd. M.Si. Kata kunci pemahaman konsep Guided Inquiry Real dan Virtual Laboratory. Beberapa penelitian mengungkap bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi kelistrikan. Kesulitan tersebut diantaranya analisis rangkaian listrik konsep Hukum Ohm dan konsep Hukum Kirchoff. Akar masalahnya adalah siswa belum bisa mengembangkan pemahaman yang baik tentang konsep dasar kelistrikan (tegangan arus hambatan) serta rendahnya kemampuan matematis. Dibutuhkan teknik pengajaran khusus untuk mengatasi hal tersebut. Pembelajaran harusnya dapat membantu siswa dalam memahami konsep. Pada penelitian ini telah dikembangkan pembelajaran Guided Inquiry berbantuan Real dan Virtual Laboratory pada topik rangkaian arus searah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa serta kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang diberikan. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan embedded experimental design model One Group Pretest Posttest. Subjek penelitian adalah siswa MA Bilingual Batu kelas XI IPA (N 28). Hasil analisis menunjukkan perbedaan skor pretest dan posttest yang signifikan berdasarkan uji t sig 0 000. Perhitungan d- Effect size didapatkan hasil 2 63 yang termasuk dalam kategori sangat besar . Peningkatan melalui perhitungan rata-rata gain ternormalisasi diperoleh hasil 0 35 yang termasuk kategori medium bawah sehingga pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Correlation antara pretest dan N gain didapatkan r (28) -0 39 p 0 04 maknanya kebermanfaatan pembelajaran cukup besar pengaruhnya terhadap siswa yang kemampuan awalnya rendah dan bagi siswa yang kemampuan awalnya sudah baik pembelajaran hanya dapat memberikan sedikit manfaat. Jadi pembelajaran ini belum dapat secara maximal meningkatkan pemahaman siswa yang kemampuan awal sudah baik. Dibutuhkan teknik pengajaran lainnya untuk menjawab tantangan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18838

Actions (login required)

View Item View Item