Eksplorasi penguasaan konsep dan scientific literacy siswa serta hubungan keduanya pada pembelajaran berbasis inkuiri materi hukum Newton di SMA Negeri 1 Singosari / Fitrika Yogismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi penguasaan konsep dan scientific literacy siswa serta hubungan keduanya pada pembelajaran berbasis inkuiri materi hukum Newton di SMA Negeri 1 Singosari / Fitrika Yogismawati

Yogismawati, Fitrika (2018) Eksplorasi penguasaan konsep dan scientific literacy siswa serta hubungan keduanya pada pembelajaran berbasis inkuiri materi hukum Newton di SMA Negeri 1 Singosari / Fitrika Yogismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yogismawati Fitrika. 2018. Eksplorasi Penguasaan Konsep dan Scientific Literacy Siswa serta Hubungan Keduanya Materi Hukum Newton pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri di SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci Hukum Newton penguasaan konsep scientific literacy Pembelajaran Berbasis Inkuiri Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan konsepscientific literacy siswa dan hubungan keduanya pada pembelajaran berbasis inkuiri. Penguasaan konsep siswa diukur berdasarkan indikator Bloom yaitu C1- C6 dimana C1 (sangat rendah) C2 (rendah) C3 (sedang) C4 (tinggi) dan C5- C6 (sangat tinggi). Scientific literacy siswa dieksplorasi berdasarkan 3 dimensi yaitu dimensi konten konteks dan kompetensi. Kemudian dicari hubungan antara penguasaan konsep dan scientific literacy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif non-eksperimen dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Sampel penelitian adalah 34 siswa kelas X SMA Negeri 1 Singosari yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dari tes 10 soal pilihan ganda beralasan dan observasi. Data yang didapatkan dianalisis dengan cara statistik deskriptif dan korelasi product moment (r 0 703). Hasil penelitian menunjukkan bahwa data penguasaan konsep siswa pada saat tes rata-rata berada pada tingkatan C4 (kategori tingi). Siswa telah aktif dalam berpikir konten dan terintegrasi. Adapun scientific literacy siswa yang dieksplor didapatkan sebanyak 37% pada konten 28 % konteks dan 35% kompetensi. Siswa yang memiliki penguasaan konsep yang baik cenderung memiliki scientific literacy yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18837

Actions (login required)

View Item View Item