Pengaruh model pembelajaran REACT dengan strategi diagram Vee terhadap prestasi belajar fisika SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang pada materi hukum Newton tentang gravitasi / Nur Diana Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran REACT dengan strategi diagram Vee terhadap prestasi belajar fisika SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang pada materi hukum Newton tentang gravitasi / Nur Diana Rosyidah

Rosyidah, Nur Diana (2018) Pengaruh model pembelajaran REACT dengan strategi diagram Vee terhadap prestasi belajar fisika SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang pada materi hukum Newton tentang gravitasi / Nur Diana Rosyidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Rosyidah Nur Diana. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran REACT dengan Strategi Diagram Vee terhadap Prestasi Belajar Fisika Kelas SMA Negeri 1 Gondanglegi Kabupaten Malang pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim M.Pd (II) Drs. Winarto M.Pd. Kata kunci REACT Diagram Vee prestasi belajar Hukum Newton tentang Gravitasi Berdasarkan pengamatan pada guru fisika di beberapa sekolah guru kesulitan dalam mengajarkan materi fisika yang tidak dapat dapat dilihat langsung atau dirasakan oleh siswa. Hal itu disebabkan karena fenomena tersebut diluar pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu materi fisika yang bersifat abstrak ialah hukum newton tentang gravitasi. Fenomena alam yang sesuai dengan konsep hukum newton tentang gravitasi ini sangat jauh dari pengalaman dan jangkauan siswa dalam kehidupan sehari-hari seperti lintasan planet gaya tarik antar partikel bermassa peluncuran satelit dan masih banyak lainnya. Hal ini juga menyebabkan rendahnya pada prestasi belajar fisika siswa di SMAN 16 Bandar Lampung. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 untuk meningkatkan prestasi belajar siswa model pembelajaran yang dianggap sesuai ialah model pembelajaran REACT. Pada model pembelajaran REACT siswa diarahkan untuk melakukan experiment untuk memahami konsep. Oleh karena itu ada pengoptimalan pada salah satu tahap REACT yaitu pada tahap Experiencing dengan strategi diagram vee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran REACT dengan strategi diagram vee pada prestasi belajar siswa SMAN 1 Gondanglegi pada materi hukum newton tentang gravitasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi sedangkan sampelnya adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas Kontrol. Setiap kelas yang menjadi subjek penelitian tersebut terdiri dari 28 siswa. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis ialah uji pihak kanan dengan Independent-Sample T Tests sign (one Tail). Namun sebelum dilakukan uji hipotesis data yang di peroleh harus di uji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui data tersebut terdistribusi normal dan homogen sebagai uji prasyarat. Berdasarkan hasil analisis terhadap prestasi belajar siwa diperoleh 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 119905 119905 119886 119887 119890 119897 yaitu 0 4477 0 2632. Selain itu juga diperoleh nilai rerata prestasi belajar fisika kelas eksperimen 73 88 dan rerata kelas kontrol 54 24. Hal tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa SMAN 1 Gondanglegi pada materi hukum newton tentang gravitasi yang menggunakan model pembelajaran REACT dengan strategi diagram vee lebih tinggi dibandingkan prestasi belajar siswa kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18836

Actions (login required)

View Item View Item