Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Laboratory level Inkuiri Terbimbing Berbantuan Portofolio Terhadap Prestasi Belajar SMA Negeri 1 Tuban XI MIA / Fitria Hilyatuz Zahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Laboratory level Inkuiri Terbimbing Berbantuan Portofolio Terhadap Prestasi Belajar SMA Negeri 1 Tuban XI MIA / Fitria Hilyatuz Zahro

Zahro, Fitria Hilyatuz (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Laboratory level Inkuiri Terbimbing Berbantuan Portofolio Terhadap Prestasi Belajar SMA Negeri 1 Tuban XI MIA / Fitria Hilyatuz Zahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahro Fitria Hilyatuz. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Laboratory level Inkuiri Terbimbing Berbantuan Portofolio Terhadap Prestasi Belajar SMA Negeri 1 Tuban XI MIA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim M.Pd (II) Sugiyanto S.Pd M.Si Kata Kunci Inkuiri Terbimbing berbantuan portofolio Prestasi Belajar suhu dan kalor Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan portofolio terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Tuban XI MIA materi suhu dan kalor. Hasil wawancara dengan guru fisika di SMA Negeri 1 Tuban prestasi belajar siswa tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan minat dan tanggung jawab terhadap dirisendiri siswa yang redanh sehingga cenderung pasif dalam pembelajaran. Laboratorium terdapat alat praktikum yang lengkap tetapi pemanfaatnya masih kurang. Melibatkan siswa dalam pembelajaran mendorong siswa lebih mandiri karena merasa puas dengan mengkonstruk pengetahuan yang mereka dapatkan melalui penyelidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tuban. Sampel penelitian ini diperoleh melalui teknik Sampling Purposive. Dalam penelitian ini kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Varibel penelitian ini yaitu variabel bebas dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan portofolio sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah prestasi belajar. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan portofolio terdapat variabel terikat yaitu prestasi belajar. Sedankan pada kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diberi pretest. Setelah diberikan materi diakhir pembelajaran kedua kelas diberi posttest. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan portofolio dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan portofolio lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajran konvensional. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan portofolio berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Tuban XI MIA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18835

Actions (login required)

View Item View Item