Pengembangan Buku Petunjuk Penilaian Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas / Wienda Ashadarini

Ashadarini, Wienda (2018) Pengembangan Buku Petunjuk Penilaian Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas / Wienda Ashadarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

2 Blitar menunjukan bahwa guru masih kesulitan dalam melakukan penilaian keterampilan proses sains karena buku panduan dari Pemerintah Pusat belum mencantumkan penilaian, hanya sebatas pada materi pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa buku petunjuk penilaian keterampilan proses sains untuk guru pada pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas dan mendeskripsikan kelayakan produk yang dihasilkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu: analisis (analyse), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation),dan evaluasi (evaluation). Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa buku petunjuk keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika untuk guru Sekolah Menengah Atas yang divalidasi oleh dosen fisika dan diuji keterbacaannya oleh dua orang guru dari SMAN 1 dan SMAN 2 Blitar. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian untuk validator dan angket uji keterbacaan buku untuk guru. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Pada tahap development (pengembangan produk) dilakukan validasi produk oleh seorang validator yang merupakan salah satu dosen fisika yang kompeten dalam bidang penilaian dan keterampilan proses sains. Berdasarkan data kuantitatif diperoleh hasil bahwa produk penelitian dan pengembangan sudah valid, namun masih tetap memerlukan revisi di beberapa bagian. Nilai rata-rata hasil validasi yang diperoleh untuk tiap ranah bahasa, konstruk, dan materi adalah 3 : 3,67 : 3,13. Selanjutnya data kualitatif yang diperoleh berupa saran dan komentar dari validator juga digunakan sebagai bahan revisi produk. Setelah merevisi produk, peneliti melakukan uji coba lapangan berupa uji keterbacaan buku di dua sekolah Menengah Atas Negeri yang berbeda di Kota Blitar. Subjek uji coba yaitu satu orang guru fisika dari SMAN 1 Blitar dan satu orang guru fisika SMAN 2 Blitar. Nilai rata-rata yang diperoleh dari analisis uji keterbacaan buku petunjuk adalah 3,6. Hasil penelitian dan pengembangan tersebut menunjukkan bahwa buku petunjuk yang disusun telah valid dan layak digunakan dalam implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18833

Actions (login required)

View Item View Item