Analisis pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa kelas XI SMA Kota Malang pada materi kinematika dan gaya / Davist Wahyu Huda

Huda, Davist Wahyu (2018) Analisis pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa kelas XI SMA Kota Malang pada materi kinematika dan gaya / Davist Wahyu Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Huda, DavistWahyu. 2017. Analisis Pemahaman Konsep dan Penalaran Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Kota Malang pada Materi Kinematika dan Gaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pemimbing: (I) Dr. Parno, M.SI, (II) Dr. SentotKusairi, S.Pd., M.Si Kata kunci: pemahaman konsep, penalaran ilmiah, kinematika dan gaya, penelitian analisis korelasi Pemahaman konsep adalah kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk menangkap makna dari suatukonsep.Sedangkanpenalaranilmiahadalahkemampuansiswauntukmenganalisisdanmenariksuatukesimpulan.Pemahamankonsepadalahsesuatu yang vital dalampembelajaransains.Tanpapemahamankonsep yang baiksiswaakansangatmudahmengalamimiskonsepsidanberakibatmenyalahartikankondisi yang diberikanpadasuatupermasalahanfisis. Kemampuanpemahamankonsep pun harus di dukungdenganpenalaranilmiah yang baik.Meskipunsiswapahamakankonsepfisikanamuntidakdapatmenariksuatukesimpulantentangkeadaansuatupermasalahanhinggakonsep yang adadapatdiberlakukanmakasiswapastiakanmengalamikesulitanketikamenemuikasusbaru yang berbedadengankasus yang biasaiatemuiselamaini.Sehinggapenelitianiniditujukanuntukmengetahuitingkatpemahamankonsepdanpenalaranilmiahsiswakelas XI SMA di Kota Malang. Penelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkuantitatif.Selainitupenelitianinijugaakanmenganalisisadaatautidaknyahubungankorelasiantarapemahamankonsepdanpenalaranilmiah. Penelitianinimengambilsampel di duasekolah di Kota Malang yaitu SMAN 9 Malang dan SMA Lab UM.Masing-masingsekolahdiambilempatkelas. Data diambildengancarasiswamengerjakansoaltespemahamankonsepdanpenalaranilmiah. Soalpemahamankonsepdiambildaridesertasi Dr. Parno M. Si yang dibuatpadatahun 2013 untukmaterigayadangerak (Parno, 2013). Sedangkanuntuksoalpenalaranilmiahmenggunakansoal Lawson versiTwo Tiers. Hasilpenelitianmenunjukkantingkatpemahamankonsepsiswa di Kota Malang masihrelatifrendah.Dari 242 siswa yang mengikutites, tidakadasiswa yang mendapatnilai di atas 50 untuktespemahamankonsep.Hal inidisebabkansiswamenganggapfisikasebagaipelajaran yang dipenuhirumus-rumusdanhitungan yang rumitdansiswaseringmengabaikankonsep-konsep yang digunakan.Untuktespenalaran, siswamayoritasmasihberadapadatingkatpenalaranoperasionalkonkrit.Ada beberapasiswa yang telahmencapaitingkattransisiawaltapitidakada yang berada di tingkattransisiakhirdanoperasional formal.Analisiskorelasiantarapemahamankonsepdenganpenalaranilmiahmenandakanadanyahubungan yang positifantarakeduanya. Hal iniberartisemakinbaikpemahamankonsepsiswamakaakansemakinbaik pula tingkatpenalaranya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18831

Actions (login required)

View Item View Item