Pengaruh Implementasi Formative Feedback Berbasis Web Dengan Menggunakan Butir Isomorfik Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Pokok Bahasan: Usaha dan Energi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Implementasi Formative Feedback Berbasis Web Dengan Menggunakan Butir Isomorfik Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Pokok Bahasan: Usaha dan Energi

Nuha, Saila Alfiatin (2018) Pengaruh Implementasi Formative Feedback Berbasis Web Dengan Menggunakan Butir Isomorfik Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Pokok Bahasan: Usaha dan Energi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuha Saila Alfiatin. 2017. Pengaruh Implementasi Formative Feedback Berbasis Web Dengan Menggunakan Butir Isomorfik Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Sujito S.Pd M.Si. Kata Kunci formative feedback asesmen formatif isomorfik isomorphic problem Penguasaan konsep fisika pada materi usaha dan energi merupakan suatu hal yang penting dimiliki oleh siswa. Konsep usaha dan energi merupakan konsep dasar untuk memahami permasalahan gerak dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa penelitian sebelumnya menemukan kesulitan siswa memahami konsep usaha dan energi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan formative feedback yang cepat dan tepat pada siswa. Kenyataannya pemberian formative feedback secara konvensional memerlukan waktu yang lama untuk benar-benar diterima oleh siswa. Oleh karena itu guru perlu menerapkan penilaian formatif beserta feedback berbasis web menggunakan butir soal isomorfik dengan bantuan aplikasi Try Out. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh implementasi formative feedback berbasis web dengan menggunakan butir isomorfik terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian control group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 1 Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan formative feedback berbasis web menggunakan butir isomorfik dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan penugasan. Penguasaan konsep fisika siswa diukur dengan soal posttest materi Usaha dan Energi yang terdiri dari 5 soal essay. Hasil uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-test one tailed menunjukkan bahwa penguasaan konsep fisika kelompok siswa yang diberikan pembelajaran dengan formative feedback berbasis web menggunakan butir isomorfik lebih tinggi dari kelompok siswa yang diberikan pembelajaran dengan penugasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18830

Actions (login required)

View Item View Item