Peningkatan pembelajaran menulis puisi melalui strategi pemetaan pikiran siswa di kelas 3 SDN Sidomulyo 03 kabupaten Blitar / Arik Suharwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran menulis puisi melalui strategi pemetaan pikiran siswa di kelas 3 SDN Sidomulyo 03 kabupaten Blitar / Arik Suharwati

Suharwati, Arik (2011) Peningkatan pembelajaran menulis puisi melalui strategi pemetaan pikiran siswa di kelas 3 SDN Sidomulyo 03 kabupaten Blitar / Arik Suharwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis puisi pemetaan pikiran. Pada kenyataan di lapangan siswa kelas 3 SDN Sidomulyo 03 Kabupaten Blitar memiliki kemampuan menulis puisi yang rendah. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan strategi pemetaan pikiran siswa kelas 3 SDN Sidomulyo 03 Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan strategi pemetaan pikiran siswa kelas 3 SDN Sidomulyo 03 Kabupaten Blitar dapat meningkatkan pembelajaran menulis puisi yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pra tindakan 64 siklus I 74 dan siklus II 89. Ketuntasan belajar pada pra tindakan sebesar 22% siklus I sebesar 56% dan siklus II 89%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menulis puisi melalui strategi pemetaan pikiran dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa kelas 3 SDN Sidomulyo 03 Kabupaten Blitar oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan strategi pemetaan pikiran dalam pembelajaran menulis puisi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item