Shindharatna, Shelita Dwi (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran science, technology, engineering and mathematics pada sub materi Suhu kelas XI SMA / Shelita Dwi Shindharatna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Shindharatna Shelita Dwi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematics pada Sub Materi Suhu Kelas XI SMA. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Sujito S.Pd. M.Si. Pada abad 21 ini pendidikan menjadi semakin penting untuk menjamin peserta didik memiliki keterampilan belajar dan berinovasi keterampilan menggunakan teknologi dan media informasi serta dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan kecakapan hidup (life skills). Dengan ini peserta didik diharapkan dapat menguasai keterampilan-keterampilan agar lebih responsive terhadap perubahan dan perkembangan zaman. Guru berperan penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan hasil belajar peserta didik. dengan demikian pendidik perlu menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD untuk memudahkan kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Pelajaran fisika merupakan pelajaran yang teorinya dapat dikembangkan untuk perkembangan teknologi.Suhu dan kalor merupakan salah satu materi yang prinsipnya dapat diterapkan dalam berbagai bidang teknologi. Pendidik perlu mengembangkan perangkat pembelajaran untuk mengaitkan materi fisika dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan lain serta sebagai solusi abad 21. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan mengetahui kelayakan dan mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berbasis STEM untuk peserta didik kelas XI MIPA. Metode yang digunakan pada pengembangan perangkat pembelajaran STEM ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah model ADDIE (analysis design development implementation evaluation) yang dimodifikasi. Modifikasi terletak pada tahap implementation dan evaluation yang dilakukan dalam tiga siklus. Tahap implementation dilakukan dengan LS dan tahap evaluation dilakukan dengan refleksi hasil LS. Sedangkan siklus dilakukan tiga kali untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang baik dan benar. Hasil penelitian terbagi menjadi 3 yaitu hasil LS siklus pertama kedua dan ketiga. Hasil LS siklus pertama yaitu terdapat perbaikan pada langkah-langkah pembelajaran bagian kegiatan awal dan inti. Perbaikan kegiatan awal yaitu memfokuskan peserta didik dan perbaikan kegiatan inti yaitu mengenalkan serta menjelaskan alat-alat yang digunakan dalam percobaan. Hasil LS siklus kedua yaitu memberikan video ilustrasi tentang prinsip kerja alat thermoelectric generator. Hasil LS siklus ketiga yaitu memperhatikan dan mengetahui peserta didik yang memerlukan bimbingan lebih dibandingkan peserta didik lainnya. Kata Kunci Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) (Science Technology Engineering and Mathematics) STEM (analysis design development implementation evaluation) ADDIE Lesson Study (LS)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |