Profil kompetensi pedagogik calon guru fisika peserta Kajian dan Pengalaman lapangan (KPL) II semester gasal tahun ajaran 2016/2017 dalam mengembangkan butir soal / Artaria Mustika

Mustika, Artaria (2018) Profil kompetensi pedagogik calon guru fisika peserta Kajian dan Pengalaman lapangan (KPL) II semester gasal tahun ajaran 2016/2017 dalam mengembangkan butir soal / Artaria Mustika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mustika, Artaria. 2017. Profil Kompetensi Pedagogik Calon Guru Fisika pada Kajian Dan Pengalaman Lapangan (KPL) II Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017 dalam Mengembangkan Butir Soal. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sugiyanto, S.Pd., M.Si. Pembimbing (2) Dr. Parno, M.Si. Kata Kunci: kompetensi guru, kompetensi pedagogik, Kajian dan Pengalaman Lapangan, mengembangkan butir soal Ketercapain pendidikan di Indonesia merupakan salah satu tugas guru sebagai agent of change yang ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki. Kompetensi yang esensial dalam menunjang KBM, yaitu kompetensi pedagogik justru rendah dengan perolehan 49,94 pada UKG. Kajian para ahli menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran mengalami penyimpangan prosedural. Ketegangan moratorium UN menyebabkan guru perlu memiliki kemampuan mengembangkan butir soal Pilihan Ganda. Seorang calon guru dilatih kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan evaluasi di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam kegiatan Kajian dan Praktik Lapangan (KPL). Pengembangan butir soal kognitif pilihan ganda merupakan salah satu kegiatan peserta KPL yang penting dalam penyiapan bahan ulangan/ujian yang masih dirasa kesulitan oleh peserta KPL II disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kompetensi pedagogik dari calon guru fisika peserta Kajian dan Pengalaman Lapangan (KPL) II semester gasal tahun ajaran 2016/2017 dalam mengembangkan butir soal pilihan kognitif ganda. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif ex-post facto satu variabel. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif berpendekatan kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih 15 dari 18 produk yang ada, sehingga mampu mempesentasikan sebesar 83,3%. Teknik pengumpulan data dilakukan secara dokumentasi dari peserta KPL II menggunakan instrumen yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh ahli. Hasil penilaian menunjukkan rata-rata kompetensi pedagogik dalam mengembangkan butir soal kognitif pilihann ganda sebesar 80,20 termasuk dalam kategori sangat baik. Indikator materi memperoleh skor rata-rata sebesar 53,20 termasuk kategori cukup baik dengan tidak ada butir soal yang sesuai dengan keseluruhan kriteria dalam indikator materi. Indikator konstruksi memperoleh skor rata-rata sebesar 93,79 yang termasuk kategori sangat dengan tidak ada butir soal yang sesuai dengan keseluruhan kriteria dalam indikator konstruksi. Indikator bahasa memperoleh skor rata-rata sebesar 93,63 termasuk kategori sangat baik dengan 101 butir soal yang sesuai dengan keseluruhan kriteria dalam indikator bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18824

Actions (login required)

View Item View Item