Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa pada materi suhu dan kalor kelas X-2 MA Khairuddin Gondanglegi / Fajar Dwi Agus Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa pada materi suhu dan kalor kelas X-2 MA Khairuddin Gondanglegi / Fajar Dwi Agus Setiawan

Setiawan, Fajar Dwi Agus (2017) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa pada materi suhu dan kalor kelas X-2 MA Khairuddin Gondanglegi / Fajar Dwi Agus Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Setiawan Fajar D.A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas X-2 MA Khairuddin Gondanglegi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pemimbing (I) Dr. Parno M.SI (II) Nuril Munfaridah S.Pd. M.Pd Kata kunci prestasi belajar problem based learning suhu dan kalor penelitian tindakan kelas Prestasi belajar siswa kelas X-2 MA Khairuddin masih rendah. Kondisi ini dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan pada kelas yang berjumlah 36 siswa. Saat pembelajaran dilakukan siswa cenderung membuat catatan tradisional dari penjelasan guru serta siswa cenderung pasif. Selain itu nilai prestasi belajar yang masih rendah ditunjukkan dari jumlah persentase siswa yang lulus KKM yaitu 44 44% dari total siswa. Sedangkan nilai rata-rata kelas yakni 66 95. Dari kondisi ini maka peneliti mengajukan solusi alternaif yakni menerapkan model PBL. Karena model PBL dapat membantu siswa untuk menyusun sendiri pengetahuannya menumbuhkembangkan keterampilan memandirikan siswa dan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskrispsikan pembelajaran dengan model problem based learning guna meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-2 MA Khairuddin Gondanglegi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari identifikasi masalah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Data keterlaksanaan pembelajaran didapat dari lembar observasi sedangkan data pertasi belajar siswa didapat dari tes pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran problem based learning pada setiap siklus penelitian. Prestasi belajar pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 76 25 meningkat menjadi 80 42 pada siklus II. Sedangkan untuk siswa yang lulus KKM pada siklus I mencai 75% meningkat menjadi 88 89% pada siklus II. Berdasarkan paparan data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-2 MA Khairuddin Gondanglegi materi suhu dan kalor. Saran yang bisa diberikan peneliti dari penelitian ini yakni model pembelajaran ini bisa dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran fisika yang melibatkan siswa secara aktif model pembelajaran ini juga bisa menjadi alternatif untuk mata pelajaran lain seperti kimia dan biologi untuk peneliti selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu manajemen waktu pembelajaran sehingga semua proses PBL terlaksana semua dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18822

Actions (login required)

View Item View Item