Pengembangan bahan ajar berbasis e-learning dalam menganalisis konsep usaha energi serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari / Fitri Fajriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis e-learning dalam menganalisis konsep usaha energi serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari / Fitri Fajriani

Fajriani, Fitri (2017) Pengembangan bahan ajar berbasis e-learning dalam menganalisis konsep usaha energi serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari / Fitri Fajriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajriani Fitri. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-learning dalam Menganalisis Konsep Usaha Energi serta Penerapannya Dalam Peristiwa Sehari-Hari Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Edi Supriana M.Si. (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Kata Kunci bahan ajar E-learning usaha energi Dengan semakin berkembangnya jaman di era digital seperti sekarang membuat banyak perubahan di dunia pendidikan dengan mudahnya akses internet yang bisa digunakan membuat siswa bisa memperoleh dan mempelajari materi pembelajaran dari berbagai sumber yang tersedia. Hal tersebut membuat bahan ajar tradisional seperti buku menjadi semakin jarang dipergunakan. Maka dari itu dibutuhkan bahan ajar yang bisa mengikuti kebutuhan siswa. Pengembangan ini dilaksanakan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis e-learning yang valid dan praktis yang bisa digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pengembang mengembangkan bahan ajar berbasis e-learning dengan metode analysis design development or production implementation or delivery dan evaluations (ADDIE). Kemudian bahan ajar divalidasi oleh dosen fisika dan guru fisika serta dilaksanakan Uji Keterbacaan pada kelas X IPA 3 di SMAN 7 Malang. Dosen guru dan siswa diminta mengisi kuisioner yang telah dipersiapkan untuk mendapatkan data secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif akan dianalisis dengan teknik perhitungan presentase untuk mencari tahu tingkat kevalidan dan kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Sedangkan data kualitatif digunakan sebagai pertimbangan revisi bahan ajar. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa secara umum bahan ajar sudah cukup valid untuk digunakan tetapi masih membutuhkan revisi agar bisa memenuhi komentar kritik dan saran yang telah diterima. Melalui pengembangan terlihat bahwa bahan ajar berbasis e-learning yang dikembangkan mempunyai kelemahan dan kelebihan. Kelebihan dari bahan ajar ini yaitu (1) mampu membantu siswa untuk lebih tertarik dan tidak bosan dalam belajar fisika (2) membantu siswa untuk mempelajari materi fisika dengan lebih mudah dan (3) mempermudah siswa dalam mengakses materi pelajaran. Kelemahan dari media ini yaitu background website yang kurang menarik dan siswa masih kurang terdorong untuk melaksanakan refleksi pembelajaran sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18821

Actions (login required)

View Item View Item