Charolina, Katrin Tara (2017) Pengaruh mind mapping dalam model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) terhadap literasi sains dimensi kompetensi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lumajang pada materi Fluida Dinamis / Katrin Tara Charolina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Charolina Katrin Tara. 2017. Pengaruh Mind Mapping dalam Model Pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) Terhadap Literasi Sains Dimensi Kompetensi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Lumajang pada Materi Fluida Dinamis Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si. (II) Nuril Munfaridah S. Pd. M.Pd. Kata kunci STM literasi sains dimensi kompetensi fluida dinamis Salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki individu untuk menghadapi segala tantangan abad 21 adalah literasi sains. Dimensi literasi sains yang mewakili dimensi lainnya adalah kompetensi. Model pembelajaran yang tepat untuk mencapai literasi sains dimensi kompetensi siswa ialah STM karena model ini mengkaitkan sains teknologi dan masyarakat sehingga melibatkan isu sehari-hari yang mendukung ketercapaian literasi sains dimensi kompetensi siswa. Kelemahan model STM adalah kesulitan yang akan didapatkan siswa dalam menghubungkan suatu unsur materi pelajaran dengan unsur materi pelajaran lainnya untuk mengatasi kesulitan tersebut digunakanlah mind mapping karena melalui mind mapping siswa dapat membuat hubungan keterkaitan antar unsur materi. Mind mapping dalam model pembelajaran STM terdiri dari empat sintak yaitu (1) invitasi berbantuan mind mapping (2) ekplorasi (3) eksplanasi dan solusi berbantuan mind mapping (4) tindak lanjut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh mind mapping dalam model pembelajaran STM terhadap literasi sains dimensi kompetensi siswa pada materi fluida dinamis Metode penelitian dalam penelitian ini adalah quasi experimental. Desain eksperimen semu mengacu pada pretest-posttest control group design dengan sampel purposivesampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lumajang Kelas eksperimen berjumlah 26 siswa sedangkan kelas kontrol berjumlah 27 siswa. Instrument pengukuran literasi sains dimensi kompetensi siswa berupa 14 soal uraian dengan reliabilitas 0 71. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran STM berbantuan mind mapping sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran STM saja. Literasi sains dimensi kompetensi siswa dianalisis menggunakan Independent Samples T Test (one-tailed). Nilai signifikansi menunjukkan 0.000
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |