Aditama, Marta (2011) Pengembangan media permainan monopoli untuk meningkatkan kerjasama teman sebaya / Marta Aditama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Media permainan monopoli kerjasama teman sebaya. Dewasa ini untuk diterima oleh lingkungan bagi setiap remaja merupakan suatu hal yang sangat penting sebagai maklhuk sosial. Masalah sosial menjadikan mereka sulit berbaur untuk menjalin kerja sama. Terkait dengan masalah kerjasama siswa konselor mempunyai tugas untuk membimbing siswa agar dapat bekerjasama secara positif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan bimbingan kelompok. Media yang dapat digunakan untuk membantu kemudahan pelayanan dalam bimbingan kelompok dengan dikembangkannya media permainan monopoli. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media simulasi monopoli dalam layanan bimbingan kelompok siswa SMA/Sederajat yang dapat diterima secara teoritis maupun praktis yang dapat digunakan oleh konselor dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan kerjasama teman sebaya Rancangan penelitian yang digunakan adalah adaptasi penelitian pengembangan model Borg dan Gall. Adapun langkah-langkah pengembangannya adalah (1) melakukan kajian pustaka (2) melakukan need assessment (3) menganalisis dan menentukan prioritas kebutuhan (4) merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus simulasi monopoli (5) menyusun produk simulasi monopoli (6) memvalidasi produk (uji ahli dan uji pengguna produk) (7) menyempurnakan produk akhir. Pascapengembangan bagian ini melakukan uji ahli materi bimbingan dan konseling uji ahli media uji calon pengguna dan uji lapangan terbatas. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk. Hasil dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil validasi menunjukkan bahwa media permainan monopoli untuk meningkatkan kerjasama teman sebaya berterima secara teoretis dan praktis. Media permainan monopoli tersebut sangat tepat sangat berguna sangat mudah sangat menarik dan sangat efektif digunakan sebagai media informasi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kerjasama teman sebaya Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah (1) peneliti selanjutnya perlu menambah permainan dalam media permainan monopoli (2) peneliti selanjutnya perlu melakukan uji coba media permainan monopoli tentang kerjasama kelompok di seluruh sekolah kawasan Malang menggunakan rancangan eksperimen dan (3) Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media permainan monopoli dengan materi bimbingan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |