Pengaruh quantum tipe Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap mindset dan prestasi belajar siswa SMA kelas X mata pelajaran fisika / Febrianto Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh quantum tipe Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap mindset dan prestasi belajar siswa SMA kelas X mata pelajaran fisika / Febrianto Nugroho

Nugroho, Febrianto (2017) Pengaruh quantum tipe Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap mindset dan prestasi belajar siswa SMA kelas X mata pelajaran fisika / Febrianto Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho Febrianto. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Tipe Visual Auditori Kinestetik (VAK) Terhadap Mindset dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA Kelas X Mata Pelajaran Fisika. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (II) Nuril Munfaridah S.Pd M.Pd. Kata kunci Quantum Learning Gaya Belajar Mindset Prestasi Belajar Korelasi Prestasi belajar siswa di ranah kognitif merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan pembelajara. Siswa dengan prestasi belajar yang baik akan memudahkan menyelesaikan suatu permasalahan. Prestasi belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satu faktor penyebab adalah mindset siswa yang menganggap fisika itu sulit. Mindset seperti ini dapat diubah dengan pendekatan belajar yang melibatkan lingkungan belajar yaitu gaya belajar siswa yang terbagi menjadi visual auditori dan kinestetik. Oleh karena itu peneliti berupaya menggunakan salah satu model pembelajaran yang mengaitkan proses pembelajaran dengan linkungan belajar yaitu Quantum Learning tipe Visual Auditori Kinestetik (VAK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mindset siswa dan prestasi belajar fisika yang menggunakan model Quantum Learning tipe VAK dengan model pembelajaran konvensional serta korelasi mindset dan prestasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Batu. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa angket mindset tes prestasi belajar fisika lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat uji kesamaan awal dan uji analisis. Dalam uji prasyarat digunakan uji Liliefors untuk uji normalitas dan uji F untuk uji homogenitas. Setelah memenuhi uji prasyarat dilakukan uji kesamaan awal digunakan uji t-two tailed. Setelah diketahui kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama maka dilakukan uji t-one tailed terhadap hasil posttest mindset dan prestasi belajar fisika serta uji linieritas dan korelasi antara kedua variabel. Hasil analisis data didapatkan rata-rata posttest mindset pada kelas eksperimen adalah 140 60 dan pada kelas kontrol adalah 138 40. Uji analisis hipotesis menggunakan uji t-one tailed didapatkan thitung 0 859 1 667 ttabel yang menunjukkan bahwa mindset kedua kelas sama. Berdasarkan temuan penelitan data mindset dan prestasi belajar sebaiknya diambil pada hari yang berbeda serta perbaikan instrumen mindset. Rata-rata posttest prestasi belajar fisika pada kelas eksperimen adalah 81 17 dan pada kelas kontrol adalah 74 40. Uji analisis hipotesis menggunakan uji t-one tailed didapatkan thitung 2 149 1 667 ttabel yang menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Terdapat korelasi kedua variabel tersebut dengan rhitung 0 143 0 250 rtabel yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif namun tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18819

Actions (login required)

View Item View Item