Pengaruh pembelajaran multi representasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi SMAN 2 Batu / Icha Suchiyarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran multi representasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi SMAN 2 Batu / Icha Suchiyarni

Suchiyarni, Icha (2017) Pengaruh pembelajaran multi representasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi SMAN 2 Batu / Icha Suchiyarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suchiyarni Icha. 2017. Pengaruh Pembelajaran Multi Representasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI pada Materi Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi SMAN 2 Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Nuril Munfaridah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci multi representasi kemampuan pemecahan masalah kesetimbangan dan dinamika rotasi. Kemampuan siswa dalam memahami berbagai representasi yang berbeda-beda seperti representasi verbal diagram (gambar) visual dan matematis mempengaruhi kinerja siswa dalam menyelesaikan masalah. Kenyataan yang ada kemampuan siswa dalam memahami berbagai representasi dan merepresentasikan masalah ke dalam berbagai representasi masih sangat rendah. Penerapan pembelajaran multi representasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dikarenakan pada pembelajaran multi representasi kegiatan siswa merepresentasi dari satu representasi ke representasi lain dapat membantu siswa untuk memahami konsep dan mengasah kemampuan siswa untuk memecahkan masalah sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode quasy-experiment dengan desain penelitian posttest-only control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 2 Batu. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran multi representasi sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah kesetimbangan dan dinamika rotasi yang terdiri dari 9 soal uraian instrumen perlakuan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lembar kerja siswa (LKS) lembar kerja individu dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data penelitian diperoleh melalui nilai posttest kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji normalitas menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan metode uji homogenitas Levene. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t one tailed diperoleh nilai signifikansi 0 014 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol. Hal ini disebabkan penyelesaian masalah oleh siswa kelas eksperimen tidak hanya melalui representasi verbal namun juga melalui representasi gambar. Penggunaan representasi gambar dalam menyelesaikan masalah akan membuat siswa lebih memahami masalah sehingga lebih sukses dalam menyelesaikan masalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18816

Actions (login required)

View Item View Item