Penerapan model pembelajaran interactive demonstration berbantuan thinking maps untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa kelas X IPA D SMAN 1 Singosari pokok bahasan usaha dan energi / Anis Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran interactive demonstration berbantuan thinking maps untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa kelas X IPA D SMAN 1 Singosari pokok bahasan usaha dan energi / Anis Safitri

Safitri, Anis (2017) Penerapan model pembelajaran interactive demonstration berbantuan thinking maps untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa kelas X IPA D SMAN 1 Singosari pokok bahasan usaha dan energi / Anis Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safitri Anis. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Interactive Demonstration Berbantuan Thinking Maps untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X IPA D SMAN 1 Singosari Pokok Bahasan Usaha dan Energi Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nuril Munfaridah M.Pd. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci interactive demonstration thinking maps penguasaan konsep usaha dan energi. Salah satu pokok bahasan dalam fisika pada jenjang SMA adalah usaha dan energi. Dalam mempelajari usaha dan energi dibutuhkan kemampuan penguasaan konsep. Kemampuan penguasaan konsep berfungsi untuk menyelesaikan permasalahan mengenai usaha dan energi dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran fisika di kelas X IPA D di SMAN 1 Singosari dapat diketahui bahwa hanya terdapat 21% siswa yang mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimal. Hasil nilai tersebut menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa masih kurang dan proses pembelajaran belum maksimal. Oleh karena itu diperlukan penerapan model pembelajaran interactive demonstration berbantuan thinking maps untuk membantu siswa meningkatkan penguasaan konsep. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan meningkatkan kemampuan penguasaan konsep fisika siswa pada pokok bahasan usaha dan energi di kelas X IPA D SMAN 1 Singosari. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing 3 kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini siswa kelas X IPA D SMAN 1 Singosari yang terdiri dari 38 siswa dengan rincian 11 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah RPP Lembar Diskusi Siswa soal penguasaan konsep lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran interactive demonstartion berbantuan thinking maps. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi keterlaksanaan pembelajaran tes kemampuan penguasaan konsep dan rekaman kegiatan pembelajaran. Data yang diperoleh akan direduksi disajikan dalam bentuk naratif diagram dan tabel kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 81 2 % dan siklus II adalah 91 3 % dengan kriteria sangat baik. Interactive Demonstration berbantuan thinking maps yang diterapkan berdasarkan tahapan observation manipulation generalization verification application. Rata-rata penguasaan konsep pada siklus I adalah 63 66 dan pada siklus II adalah 68 87. Kemampuan penguasaan konsep siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan interactive demonstration berbantuan thinking maps dapat meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18814

Actions (login required)

View Item View Item