Pengaruh model siklus belajar (learning cycle 5E) dipadu dengan Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Madiun / Rosi Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model siklus belajar (learning cycle 5E) dipadu dengan Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Madiun / Rosi Ratnasari

Ratnasari, Rosi (2017) Pengaruh model siklus belajar (learning cycle 5E) dipadu dengan Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Madiun / Rosi Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnasari Rosi. 2017. Pengaruh Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) dipadu dengan Numbered Heads Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Madiun. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim M.Pd. (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Kata Kunci Siklus Belajar Numbered Heads Together Prestasi Belajar Fisika Kurikulum 2013 menekankan prinsip pembelajaran siswa aktif. Dalam implementasi kurikulum 2013 guru dituntut untuk kreatif supaya siswa terlibat dalam pembelajaran. Model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) yang dipadukan dengan Numbered Heads Together (NHT) diyakini dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Keterlibatan siswa tersebut akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) dipadu dengan Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Madiun. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain Posttest Only Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Madiun tahun ajaran 2016/2017. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) dipadu dengan Numbered Heads Together (NHT) dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional (Direct Instruction). Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa adalah soal tes prestasi belajar berupa 21 butir soal pilihan ganda. Data hasil posttest diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Lilliefors dan uji homogenitas F. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pada kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis data posttest diketahui bahwa data posttest terdistribusi normal mempunyai varians homogen dan mempuyai nilai thitung (3 942) ttabel(70 0 05) (1 667). Skor rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi (74 2) dibandingkan kelas kontrol (63 1). Sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) dipadu dengan Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi daripada prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. ABSTRAK Ratnasari Rosi. 2017. The Effect of 5E Learning Cycle Model Combined with Numbered Heads Together (NHT) on the Students Physics Learning Achievement of 10th Grade in SMAN 1 Madiun. Thesis Physics Department Faculty of Mathematics and Natural Sciences State University of Malang. Advisors (I) Drs. Asim M.Pd. (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Key words Learning Cycle Numbered Heads Together Physics Learning Achievement The 2013 curriculum emphasizes the principle of active student learning. In the implementation of the 2013 curriculum teachers are required to be creative so that students are involved in learning. The Learning Cycle 5E model combined with the Numbered Heads Together (NHT) is believed to involve students actively in the learning process. The involvement of these students will affect the student achievement. The purpose of this research is to determine the effect of 5E Learning Cycle model combined with Numbered Heads Together (NHT) on the students physics learning achievement of 10th grade in SMAN 1 Madiun. This research is a quasi experiment research with Posttest Only Control Group design. The population in this research are all students of tenth grade science in SMA Negeri 1 Madiun on 2016/2017 academic year. The sample in this research is X MIPA 3 as experimental class which is taught by used 5E Learning Cycle model combined with Numbered Heads Together (NHT) and X MIPA 4 as control class which is taught by used conventional learning model (Direct Instruction). Selection of experimental class and control class used purposive sampling technique. The measurement instrument used to measure student achievement is test of learning achievement with 21 multiple choice questions. Posttest data tested prerequisite using Lilliefors test of normality and F-test of homogeneity. Then test the hypothesis used t-test to determine the effect of learning model in both classes. Based on the result of posttest data analysis it is known that posttest data is normal distributed has homogeneous variance and has t (3 942) t table(70 0 05) (1 667). The mean score of the experimental class posttest was higher (74 2) than the control class (63 1). So it can be concluded that students physics learning achievement which is taught by used 5E Learning Cycle model combined with Numbered Heads Together (NHT) is higher than student achievement that is taught by used conventional learning model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18813

Actions (login required)

View Item View Item