Efektivitas pelaksanaan praktikum fisika dalam membangun keterampilan proses sains SMA N 4 Malang / Eka Setyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pelaksanaan praktikum fisika dalam membangun keterampilan proses sains SMA N 4 Malang / Eka Setyaningrum

Setyaningrum, Eka (2017) Efektivitas pelaksanaan praktikum fisika dalam membangun keterampilan proses sains SMA N 4 Malang / Eka Setyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eka Setyaningrum. 2017. Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Fisika dalam Membangun Keterampilan Proses Sains SMA N 4 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. (II) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd. M.A. Kata kunci pelaksanaan praktikum fisika keterampilan proses sains Belajar Fisika bukan hanya sebatas penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi lebih sebagai proses penemuan. Pembelajaran Fisika diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan lingkungannya serta prospek pengembangan lebih lanjut dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kegiatan pembelajaran Fisika selain untuk menjadikan peserta didik menguasai materi yang ditargetkan juga diarahkan untuk mengembangkan keterampilan proses yang berguna membantu memecahkan masalah. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 4 Malang guru seringkali mengadakan kegiatan praktikum dalam proses pembelajaran fisika akan tetapi guru tidak melakukan pengamatan terhadap proses keterampilan sains siswa sehingga guru belum bisa menilai apakah pelaksanaan praktikum mampu membangun keterampilan proses sains siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pelaksanaan praktikum Fisika di SMA Negeri 4 Malang 2) Keterampilan proses sains siswa 3) Efektivitas pelaksanaan praktikum Fisika dalam membangun keterampilan proses sains siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Malang dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XII A4 kelas XI B4 dan kelas XI E4. Metode yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini yakni dengan menggunakan metode observasi dan tes uraian. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan Pertama pelaksanaan praktikum di SMA Negeri 4 Malang masih memiliki banyak kekurangan. Dalam hal pemilihan kegiatan praktikum sudah baik sesuai KD dan indikator akan tetapi petunjuk praktikum (LKS) kurang mampu membangun keterampilan proses sains siswa. Ketersediaan alat sudah mencukupi akan tetapi tidak sebanding dengan jumlah anggota kelompok yang besar sehingga beberapa siswa tidak berkesempatan menggunakan alat. Peran guru dalam pelaksanaan praktikum sudah baik guru mendampingi siswa berpindah dari satu kelompok ke kelompok lain untuk meluruskan pemahaman siswa yang salah. Kedua rata-rata persentase keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 4 Malang sebesar 97.6%. Ketiga persentase keterampilan proses sains tergolong kategori baik pelaksanaan praktikum sudah efektif dalam membangun keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 4 Malang. ABSTRACT Setyaningrum Eka. 2017. The Effectiveness of Implementation Physics Practice to Build The Science Process Skills at SMA N 4 Malang. Thesis Department of Physics Faculty of Mathematics and Natural Science State University of Malang Advisors (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. (II) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd. M.A. Keywords physics practice science process skills Learn about physics is not only limited to mastery over the collection of knowledge of facts concepts or principles but more as the process of discovery. Learning physics is expected to be a vehicle for students to learn about themselves and their environments it is also used as the prospect of further development by applying it in their daily life. So that the activities of learning physics in addition to make learners master over all the targeted materials also aimed to develop process skills that is useful for problem solving. Based on preliminary study conducted in SMA Negeri 4 Malang teachers often held practice activities in the process of learning physics but teachers do not observe the science process skills of students so that teachers unable to evaluate whether the implementation of the practice can build student s science process skills. The purpose of this research is to understand 1) Implementation of Physics practice in SMA Negeri 4 Malang 2) Student s science process skills 3) Effectiveness of Physics Practice to build student s science process skills. The research was conducted in SMA Negeri 4 Malang while the sample used is the students of class XII A4 class XI B4 and class XI E4. The method used to obtain data in this research is by using observation and description test method. Based on data analysis and discussion can be concluded that First the implementation of practice in SMA Negeri 4 Malang still have a lot of weakness. In terms of selection of practice activity is already good according to KD and indicators but the practice guidance (LKS) is less capable to develop student s science process skills. The availability of the tools has been sufficient however it is not proportional to the large number of the group members that some students never got a chance to use the tools. The teachers roles in the implementation of the practice is good the teachers accompany students by moving from one group to another to straighten student s wrong understanding. Second the average percentage of the student s science process skills at SMA N 4 Malang is 97.6 %. Third the percentage of student s science process skills is classified in a good category the implementation of the practice is effective in building student s science prosess skills at SMA N 4 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18812

Actions (login required)

View Item View Item