Pengembangan media pembelajaran interaktif fisika dengan pendekatan saintifik pada materi gerak harmonik sederhana / Nisrina Firdausi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif fisika dengan pendekatan saintifik pada materi gerak harmonik sederhana / Nisrina Firdausi

Firdausi, Nisrina (2017) Pengembangan media pembelajaran interaktif fisika dengan pendekatan saintifik pada materi gerak harmonik sederhana / Nisrina Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdausi Nisrina. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Fisika dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. H. Winarto M.Pd. (II) Dra. Endang Purwaningsih M.Si Kata Kunci media pembelajaran interaktif pendekatan saintifik gerak harmonik sederhana Hasil ulangan harian gerak harmonik sederhana yang ada di dua sekolah di kota Malang menunjukkan hasil yang belum optimal. Hal ini dikarenakan siswa belum paham benar akan materi tersebut. Salah satu upaya untuk membantu siswa memahami materi gerak harmonik sederhana yaitu dengan menerapkan media pembelajaran di dalam kelas. Media pembelajaran memiliki berbagai macam bentuk salah satunya media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran yang memberikan respon kepada pengguna berupa video animasi gambar grafik audio maupun teks. Pada penelitian ini akan dikembangakan media pembelajaran interaktif dengan pendekatan saintifik pada materi gerak harmonik sederhana. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sukmadinata menjadi 3 langkah yaitu studi pendahuluan pengembangan produk dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan pengisian angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Produk pengembangan ini melalui dua tahap pengujian yaitu uji validitas produk dan uji coba terbatas. Uji validitas dilakukan oleh dosen fisika UM guru fisika MAN 1 Malang dan guru fisika MAN 1 Batu.Uji coba terbatas dilakukan di MAN 1 Malang. Subjek uji coba terbatas yaitu siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 15 orang. Materi yang terdapat dalam produk ini tidak serta merta ditampilkan secara langsung seperti pada media pembelajaran sebelumnya namun digunakan lima tahapan pendekatan saintifik. Materi yang disajikan juga dilengkapi dengan animasi dan video. Produk ini juga dilengkapi dengan peta konsep permainan teka-teki silang maupun analisis kompetensi dasar. Hasil analisis data uji validitas media pembelajaran interaktif menunjukkan bahwa produk ini dinyatakan valid atau layak dengan nilai rata-rata kelayakan materi sebesar 92 % dan kelayakan media sebesar 91 59%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18810

Actions (login required)

View Item View Item