Fakhriani, Nunik Amalia (2017) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA di MA Maarif Sukorejo pada materi fluida / Nunik Amalia Fakhriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fakhriani Nunik Amalia. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Berbasis Eksperimen terhadap Prestasi Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA di MAMaarif Sukorejo pada Materi Fluida Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Kadim Masjkur M.Pd. (II) Dr.Wartono M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran kooperatif tipeStudent Team Achievement Divisions (STAD) berbasis eksperimen prestasi belajar fisika keterampilan proses sains. Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) berbasis eksperimen terhadap keterampilan proses sains siswa 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Pre Test-Post Test Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t pada data prestasi belajar fisika menghasilkant hitung 4 432692 1.69389 (t tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar fisika kelompok peserta didik yang belajar dengan model Student Team Achievement Division (STAD) berbasis eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar kelompok peserta didik yang belajar dengan model konvensional. Pada uji t data keterampilan proses sains dihasilkan t hitung 6 50812 1.69389 (t tabel) sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains kelompok peserta didik yang belajar dengan model Student Team Achievement Division (STAD) berbasis eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan proses sains kelompok peserta didik yang belajar dengan model konvensional. ABSTRACT Fakhriani NunikAmalia. 2017. The Effect of Cooperative Learning Student Team Achievement Divisions (STAD) Based on Experimentation on Physics Learning Achievement and Science Process Skill of 11th Grade Student IPA of MA Maarif Sukorejo on Fluid Mechanics Thesis. Department of Physics. Faculty of Mathematics and Science State University of Malang. Advisors (I) Drs.KadimMasjkur M.Pd. (II) Dr.Wartono M.Pd. Key Word cooperative learning STAD model-based experimentation Physic Learning Achievement science process skill The purpose of this study is 1) to know the effect of cooperative learning STAD model-based experimentation about the student science process skill 2) to know the effect of cooperative learning STAD model-based experimentation about the student physics learning achievement. This research is Quasy experiment with Pre Test-Post Test Control Group Design. The analysis data used independent sample t-test. The result show that t-test for physics learning achievement data poducet count 4 432692 1.69389 (t table) so inferential that the student physics learning achievement who studied with cooperative learning STAD model-based experimentation more high than students achievement who studied with conventional model. T-test science process skill data show that t count 6 50812 1.69389 (t table) so inferential that the student science process skill who studied with cooperative learning STAD model-based experimentation more high than student science process skill who studied with conventional model.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |