Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA SMAN 6 Malang / Ade Alif Mutiara Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA SMAN 6 Malang / Ade Alif Mutiara Sari

Sari, Ade Alif Mutiara (2017) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA SMAN 6 Malang / Ade Alif Mutiara Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alif Ade M.S.2016.PengaruhModel PembelajaranKooperatifTipe Numbered Head Together (NHT)TerhadapPrestasiBelajarSiswaKelas X MIPA SMAN 6 Malang.Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) KadimMasjkurDrs M.Pd (II) SujitoS.Pd M.Si. Kata Kunci BelajardanPembelajaranFisika Numbered Head Together (NHT) prestasi belajar. DalamKurikulum 2013 saatini guru di harapkan dapat membuat pembelajaran yang berpusat pada siswa secara aktif kreatif dan kontekstual.Masihbanyaksiswa yang berpikirbahwafisikaitusulitdenganbanyaknyarumusdantidakpenting padahalpelajaranfisikasudahbanyakpenerapannyadalamkehidupansehari-hari.Keterampilanbekerjasamadengantemankelompokjugapentingbagisiswauntuklebihmemudahkannyadalammemahamimaterifisika.Sehinggadalampenelitianini dibahasterkaitdenganmodel pembelajarankooperatiftipeNumbered Head Together (NHT).Materi yang digunakandalampenelitianiniadalahHukumGravitasi Newton. Fokus penelitian ini adalah (1)Mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibanding dengan model pembelajaran Konvensional. (2)Mengetahui pengaruh yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar siswa antaramodel pembelajarankooperatif tipeNHT denganmodel pembelajaran konvensional. Metode penelitaan menggunakan eksperimen kuasi dengan model posttest only control gorup desaign.Populasi penelitiannya adalah siswa kelas X MIPA SMAN 6 Malang tahun ajaran 2016/2017.Penentuan sampel dengan cara cluster random sampling.Dalampenelitianini kelas X MIPA 2 sebagaikelaseksperimen yang akanmenggunakanmodel pembelajarankooperatiftipe NHT dankelas X MIPA 1 sebagaikelaskontrol yang akanmenggunakan modelpembelajarankonvensional. Data penelitian yang diperoleh adalah nilai prestasi belajar fisikadarihasil post-test.Terdapat 15 soalpilihangandamaterihukumgravitasi newton yang telahmelaluiujijudgementdanujivaliditas sehinggadapatdigunakansebagaiinstrument tesprestasibelajar. Hasil analisis data prestasi belajar fisika denganIndependent-Sample T Testspada program SPSS diperoleh sign.(2-tailed) 0 000 0 025. Disimpulkanbahwaterdapat perbedaan prestasi belajar siswa kelas X MIPA SMAN 6 Malang yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibanding siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Nilai rerata prestasi belajar fisika kelas eksperimen61 dan rerata kelas kontrol 45. Nilai rerata prestasi belajar fisika siswa menunjukan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA SMAN 6 Malang dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18803

Actions (login required)

View Item View Item