Pengembangan media game pembelajaran dengan model permainan ular tangga mata pelajaran bahasa inggris di SMP Negeri 4 Tulungagung / Sumarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media game pembelajaran dengan model permainan ular tangga mata pelajaran bahasa inggris di SMP Negeri 4 Tulungagung / Sumarni

Sumarni (2011) Pengembangan media game pembelajaran dengan model permainan ular tangga mata pelajaran bahasa inggris di SMP Negeri 4 Tulungagung / Sumarni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Game Permainan ular Tangga Bahasa Inggris Descriptive Teks Procedure Teks Simple Present Tense. Media game pembelajaran ular tangga dikembangkan karena untuk memberikan variasi dalam pembelajaran kelas agar pembelajaran tidak membosankan. Selain itu siswa dapat belajar sambil bermain.Salah satu sekolah yang menjadi tempat penelitian pengembangan adalah SMP Negeri 4 Tulungagung dalam pembelajarannya masih cenderung menggunakan metode ceramah dan menggunakan media konvensional. Salah satu mata pelajaran yang masuk dalam ujian nasional yaitu bahasa Inggris masih belum menggunakan media berbasis komputer dan pemanfaatan komputer untuk pembelajaran masih jarang digunakan untuk mata pelajaran bahasa Inggris selain Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Selama pembelajaran bahasa Inggris siswa masih kesulitan dalam hal kosakata menulis kembali dalam bahasa Inggris dan mengartikan bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk media game pembelajaran ular tangga mata pelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 4 Tulungagung untuk (1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris (2) Meningkatkan kemampuan dalam menulis kembali teks dalam bahasa Inggris (3) Meningkatkan kemampuan dalam menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan prosedure pengembangan yang terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analyse (analisis) (2) Design (desain) (3) Development(pengembangan) (4)Implementation (implementasi) (5) Evaluation (evaluasi). Media game pembelajaran siap digunakan dalam kegiatan pembelajaran kepada siswa SMP kelas VII. Sampel yang diambil adalah siswa SMP kelas VII A dan VIIB dalam pembelajaran bahasa Inggris diSMP Negeri 4 Tulungagung. Sumber data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam Pengembangan ini menggunakan beberapa instrumen antara lain angket (ahli media ahli materi siswa) dan tes (pre-test dan post-test). Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis angket interpretasi data dengan kriteria tingkat validitas dan mengolah tes hasil belajar siswa dengan menggunakan kriteria keberhasilan media game ular tangga dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pre-test dan post-test untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media game ular tangga. Hasil pengembangan media game pembelajaran ular tangga mata pelajaran bahasa Inggris yang telah diujicobakan kepada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil validasi ahli media diperoleh 94 5% ahli materi diperoleh 100% siswa dalam uji coba individu diperoleh hasil sebesar 87 5% siswa dalam uji coba terbatas ( kelompok kecil) diperoleh hasil sebesar 87 8% siswa dalam uji coba lapangan (klasikal) diperoleh hasil sebesar 87 5% sehingga dapat diinterpretasikan bahwa media game ular tangga yang dikembangkan termasuk dalam kriteria Valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris pada materi descriptive teks procedure teks dan simple present tense di SMP Negeri 4 Tulungagung. Hasil tes belajar baik pre- test maupun post- test yang diberikan kepada siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Tulungagung pembelajaran dengan menggunakan media game pembelajaran ular tangga ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media game pembelajaran ular tangga persentase peningkatan hasil belajar pada uji coba individu sebesar 11 1% uji coba terbatas (kelompok kecil) sebesar 10 4% dan uji coba lapangan sebesar 10 6 % . Berdasarkan hasil penelitian pengembangan tersebut perlu dikembangkan media game untuk mata pelajaran yang lainnya dan disesuaikan dengan identifikasi kebutuhan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item